Seni Dan Budaya

Pengerajin Perahu Desa Linggajaya, Mendapat Respon Positip Bupati Sumedang

Sumedang,Suaraindepndentnews.id-dilansir dari account facebook Dony Ahmad Munir(bupati sumedang),Pemda Kabupaten Sumedang memesan 10 perahu dari perajin perahu asal genangan Bendungan Jatigede. Pembuatan perahu ini digarap perajin perahu di Desa Linggajaya, Cisitu dan Cipondoh, Pawenang, Jatinunggal.minggu 20/11/2020.

Pengadaan perahu buatan warga asal genangan Jatigede ini sebagai bentuk pemberdayaan. Warga asal genangan Jatigede beralih profesi, salah satunya menjadi perajin perahu.. Mereka membaca peluang, danau buatan itu butuh perahu untuk para nelayan, penggemar memancing.

Sebanyak 10 perahu terdiri dari 5 perahu kayu dan 5 terbuat dari fiber ini akan digunakan di kawasan wisata Cisema, Darmaraja. Kawasan wisata Cisema sedang dikembangkan dan tahap pertama selesai akhir tahun ini. Tahap II dilanjutkan tahun depan, salah satunya ada wahana floating market, pasar terapung di pesisir Cisema ini. Warga berbelanja dengan perahu.

Awal tahun 2020, saya juga pesan satu perahu untuk di Empang dan sudah dipakai pengunjung Empang. Pemerintah membantu para perajin perahu itu, selain membeli perahu, pemerintah membantu supaya perajin memperoleh sertifikat standar nasional Indonesia, SNI juga membantu mempromosikan.

Dicutip dari account
Facebook(dony ahmad munir)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button