Tak Berkategori

Penguatan Kompetensi Profesi Guru Taman Kanak-Kanak Dengan Sistem Zonasi

Tasikmalaya,- newssuaraindependent.id
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan(PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi kini dibagi Lima zona, tiap zona terdiri dari Dua Puluh orang, diselenggarakan  selama Lima kali pertemuan, Mulai dilaksanakan, hari Sabtu (5/10/2019)  berakhir pada Minggu (27/10/2019).

Zona 5 dilaksanakan di Kec. Cikalong yang
Diikuti :
. Cipatujah
. Cikalong
. Karangnunggal

Dalam Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) dengan sisitim zonasi ini merupakan upaya Pemerintah untuk meningkatkan kualitas Pendidik dan anak didiknya.

Dengan sistem Zonasi, menurut Nono Purnama, S.Pd. M.Pd dan Drs. Ateng Supriatna, MPD (Pengawas). Pelatihan PKP sangat bermanfaat karena setelah selesai  pelatihan, Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTPL) salah satunya  berguna untuk dijadikan referensi penunjang kenaikan tingkat jabatan Profesi Guru.

Hal sama di terangkan H. Sodikin, S., Pd Kadis UPT Pendidikan Kec. Cikalong,” bahwa Peningkatan Kapasitas Pembelajaran ini sangat lah penting di ikuti oleh guru, bahkan lebih penting lagi untuk Kep. Sekolahnya.
Karena selain proses dan referensi penunjang  kenaikan tingkat, bahkan khusus  Kepala Sekolah adalah tuntutan Jabatan sebagai Pimpinan, dimana termasuk di dalamnya peningkatan Managerial dan Adminstrasi dengan berbasis teknologi IT. Dengan merujuk pada Permendikbud no.20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah,dinyatakan bahwa(1) Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian, dan standar pendidik, itu diantaranya.”

Lanjut H Sodikin, dicontohkan, “dalam peningkatan kapasitas pendidik tersebut. Bahwa Pendidik harus mampuh mengembangkan permasalahan (pemecahan masalah) contoh : Cara berpakaian, mewarnai sebuah gambar untuk anak.” Ujarnya.

Di akhir penutupan Pelatihan, Ateng mengucapakan selamat kepada peserta Pelatihan, semoga bermanfaat, menambah keilmuan dan Alhamdulillah proses Pelatihan telah berlangsung lancar.”Pungkasnya.(Yat’s Kabiro Tasela).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button