Tak Berkategori

Pengukuhan Forum Pusat Pengembangan Keahlian SDC Dan Workplaces

Senin 19 Oktober 2020

Kab. Solok–Suaraindependent.id– bertempat Ruangan Solok Nan Indah Kab. Solok, Senin (19/10), diadakan kegiatan pengukuhan forum pusat pengembangan keahlian/ Skill Development Center (SDC) dan Workplaces Kab. Solok.

Hal tersebut disampaikan oleh Kadis DPMPTSP Kennedy Hamzah, dikatakanya, selain pengukuhan juga untuk mensosialisasikan SDC sebagai forum kerjasama, koordinasi, harmonisasi dan sinergi antar pemangku kepentingan di bidang pengembangan kompetensi, profesionalisme dan produkfitas SDM di daerah yang terdiri dari lembaga pendidikan, pelatihan dunia usaha dan industri serta pemda.

Kegiatan ini bertujuan mensinkronisasikan dan mensinergikan pelaksanaan kegiatan SDC Kab. Solok antara tim kerjasama forum SDC dangan tempat kerja (workplace) yang sudah ditetapkan dengan keputusan Bupati Solok.

Hadir bersama Bupati Solok, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Sumatera Barat Diwakili Oleh Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga kerja, Asisten II, Kadis DPMPTSP, Kepala BLK Padang, Ketua Kadin Kab. Solok, Ketua Baznas Kab. Solok, Rektor UMMY Solok, Kepala Cabang Wilayah III Dinas Pendidikan Propinsi Sumbar, Kepala SMK Se- Kab. Solok, Para Pimpinan Perusahaan, Ketua HILSI Kab. Solok, Pimpinan LPK.

Bupati Solok pada kesempatan ini langsung mengukuhkan Forum SDC dan WorkPlace Kab. Solok, pada sambutannya Bupati mengatakan masalah pengangguran “Cross Cutting Isues” merupakan masalah kompleks dan rumit yang dihadapi bangsa, ini masalah lintas sektor, dan harus diatasi secara sinergi antar Sektor Pemerintah Pusat dan Daerah, serta pemangku kepentingan terkait.

Badan Pusat Statistik Kab. Solok tahun 2019 mencatat jumlah pengangguran sebesar 4,65% (11 ribu) orang. Angka ini tentunya telah meningkat tajam di tahun 2020 akibat pandemi covid-19, oleh sebab itu, penanganan masalah ini tidak mungkin diselesaikan oleh hanya satu perangkat Daerah saja, karena itu perlu diciptakan korelasi yang kokoh antar pemangku kepentingan terkait di semua lini.

Konsep SDC hadir sebagai salah satu solusi meningkatkan kompetensi SDM dan menekan angka pengangguran. Pelatihan vokasi yang tersertifikasi kompetensi dan sesuai kebutuhan pasar kerja di setiap daerah adalah cara cepat menjawab kebutuhan tenaga kerja yang terampil.

Yang terlibat dalam Forum SDC adalah unsur Academic, Bussines, Government, dengan hadirnya forum ini perlu diapresiasi karena tujuannya sangat baik, tidak hanya menciptakan sinergi dunia usaha, juga menciptakan SDM berkualitas dan siap kerja, khususnya lulusan SMK,

SDC dapat menjadi rujukan bagi BLK/ LPK dalam mendapatkan informasi yang akurat tentang kebutuhan pelatihan di daerah, mengakses kesempatan “on JobTraining” mengembangkan kerjasama/ kemitraan dalam penyediaan instruktur serta penyerapan lulusan pada Dunia Usaha dan Industri.

Nantinya forum ini akan bekerja mengidentifikasi kebutuhan industri, mengembangkan program pelatihan dan pemagangan, serta memfasilitasi sertifikasi dan penempatan tenaga kerja, terang Gusmal. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button