TNI

Peringati Hari Lahir Pancasila, Kasdim 0819/Pasuruan Bacakan Amanat Panglima TNI

Pasuruan | suaraindependentnews.id, Kodim 0819/Pasuruan Gelar upacara Bendera memperingati Hari Lahir Pancasila bertindak sebagai Inspetur Upacara (Irup) Kasdim 0819 Mayor Arh M. Ridwan. Upacara tersebut dilaksanakan di Lapangan Makodim 0819 Jln. Veteran No. 05 Panggungrejo Kota Pasuruan. Kamis (1/6/23).

Kegiatan Upacara ini di ikuti oleh Para Perwira Staf, Danramil , PNS serta Anggota Makodim 0819/Pasuruan.

Amanat Panglima TNI dibacakan oleh Kasdim 0819/Pasuruan Mayor Arh M. Ridwan menyampaikan, ” Pancasila merupakan dasar negara serta landasan ideologi bagi bangsa Indonesia. Setiap nilai luhur yang terkandung di dalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945 melalui proses diskusi yang mendalam dalam Founding fathers selanjutnya menyetujui Pancasila sebagai dasar negara yang sah serta dicantumkan dalam pembukaan undang-undang dasar 1945” kata Panglima TNI.

“Peringatan Hari Pancasila merupakan momen untuk mengenang menghormati sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia kita sebagai generasi penerus bangsa harus memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

“Sebagai prajurit TNI kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai toleransi dan gotong royong maka keberagaman yang ada di nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk tema peringatan Hari Pancasila kali ini sesuai dan sangat relevan dengan tantangan situasi yang sedang kita hadapi oleh segenap bangsa Indonesia yakni “gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan Global” tema ini merupakan pengingat bagi kita semua betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa. ” jelasnya.

Dalam amanatnya, Panglima menyampaikan,”Pada kesempatan yang baik ini saya ingin berpesan kepada Prajurit untuk selalu menjaga dan melestarikan nilai nilai Pancasila. Berikut ini ada beberapa pedoman dan penekanan yang harus kalian Laksanakan yaitu yang pertama TNI adalah garda terdepan dalam benteng terakhir NKRI. Pegang Teguh sumpah dan janji kalian untuk selalu setia kepada NKRI, jangan terpengaruh dengan upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Kedua, Jadilah perekat dan persatuan bangsa dengan upaya nyata di lapangan tonjolkan persamaan dan kesampingkan perbedaan dalam kehidupan kita sehari-hari dalam kedinasan maupun kita membaur dengan masyarakat.

Ketiga, Jaga terus sinergitas TNI dengan Polri, Kementerian serta lembaga lainnya. Sadari bahwa kita adalah bagian dari sistem yang saling membutuhkan sehingga diperlukan semangat untuk bekerja sama bersinergi dan bergotong-royong dalam upaya memajukan bangsa” kata Panglima di akhir amanatnya. ([email protected])

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button