WISATA ALAM

Perkemahan Literasi I Gelombang 2 se-Sumatera Utara Sukses

MEDAN, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Gerakan patah-patah saat menunjukkan kebolehan dalam lomba baris berbaris antar SMA/SMK se-Sumatera Utara menjadi bagian tak terpisahkan dalam Acara “Perkemahan Literasi I Gelombang 2” yang berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 29 s/d 31 Oktober 2021yang dipusatkan di SMK Negeri 1 Pancur, Batu Deli Serdang, Sumatera Utara dengan mengambil tema “Pemuda Cinta Literasi”.  Sabtu (30/10).

Gbr. Bapak ArifulHaq selaku Wakil Ketua Forum Komunikasi Literasi Indonesia Sumatera Utara

Para awak media yang ikut menyaksikan kegiatan ini menyambangi langsung  Bapak ArifulHaq selaku Wakil Ketua Forum Komunikasi Literasi Indonesia Sumatera Utara menyampaikan dengan semangat bahwa kegiatan  ini bertujuan untuk mengembangkan rasa persaudaraan sesama siswa/i  yang  ada di Indonesia, meningkatkan rasa kesadaran pentingnya pemahaman literasi, kelestarian lingkungan, moral dan budaya Indonesia serta sebagai sarana mengembangkan minat , bakat, dan semangat kompetitif sesuai dengan prinsip literasi secara nasional.

Dalam kegiatan literasi kali ini yang diwakili oleh 17 sekolah se-Sumatera Utara diisi dengan berbagai  lomba seperti : Cipta Puisi / Pantun  spontanitas, Cerdas Cermat, Poster, Tari Kreasi Tradisional, Pidato Kebangsaan, Jurnalistik, Deklamasi Patriotis, LKBB dan Corve Tenda . Ya, tentu saja dengan iringan sejumlah hadiah plus tropi  menarik yang telah disediakan oleh panitia.

Selama lomba berlangsung, sifat mandiri  muncul dan dominan dimiliki oleh peserta karena mereka menikmati segala kegiatan yang mereka lakukan. Selain itu siswa-siswa ini juga telah terbiasa berlatih disiplin dalam  kepramukaan. Dengan berkonsentrasi penuh, lomba demi lomba mampu mereka selesaikan dengan hati gembira dan penuh keceriaan.

Sepintas, bahwa wadah Forum Komunikasi Literasi Indonesia (FOKALINDO) yang dilahirkan pada 24 Februari 2021 ini tak tanggung-tanggung dikomandani  langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Bapak Syaifuddin, telah mampu berkibar dan menggaungkan program pemerintah secara nasional khususnya di daerah Sumatera Utara.

Lebih Lanjut Beliau mengucapkan terima kasih kepada Kepala SMK Negeri 1 Pancur Batu, Bapak Tukimin sebagai tuan rumah atas terselenggaranya kegiatan mulia ini. Semoga teman-teman dari sekolah lain bisa melanjutkan dan menyempurnakan kegiatan ini.

Selain itu ucapan terima kasih juga dihaturkan kepada Bapak Firman Hutasuhut cs selaku pembina Gudep SMK Negeri 1 Pancur Batu yang telah bersusah payah mensukseskan agenda ini, “ujar Bapak ArifulHaq mengakhiri”.  (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button