WISATA ALAM

Tradisi Managawa Menjelang Bulan Suci Ramadhan Sudah Turun-Temurun Di Kepulauan Nias

GUNUNGSITOLI, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Mayoritas Umat islam di dunia selalu melakukan persiapan dalam menyambut bulan suci Ramadhan, persiapan tersebut selalu dengan kebersamaan seperti yang dilaksanakan di Mesjid Al Ihsan Desa Moawo, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli,  Sumatera Utara yakni Gotong royong dalam membersihkan Tempat Pemakaman Umum (TPU), Gotong royong  dalam membersihkan Mesjid dan sehari menjelang Ramadhan, anak-anak hingga orang dewasa melakukan mandi di Laut,  dan sungai, Tradisi Mandi balimau atau Managawa (bahasa Nias red) bersama keluarga.

Menyambut Ramadhan dengan suka ria, menyenangkan keluarga ucap Sekretaris Desa Mo’awo, Zulman Zendrato yang sering dipanggil Ama Arfan  yang dijumpai Suara Independentnews.id pada Rabu (22/3/2023).

Tak terkecuali kegiatan ini sudah menjadi tradisi masyarakat sehari menjelang bulan Ramadhan beramai-ramai mendatangi pantai yang ada pantai, yang ada sungai  ya disungai yang sudah biasa di datangi  sebagai tempat pemandian

Kita sebagai Orang tua hadir  turut mengawasi dan memantau anak-anak  dan sekali-kali mandi juga hal ini sudah lumrah, mandi laut atau sebutan di Kepulauan Nias “Managwa atau Mandi Balimau”  sebelum bulan  puasa sudah sejak lama dilakukan di Gunungsitoli sudah kebiasaan  sehingga turun temurun sampai sekarang, ucap Zulman Zendrato.

Dari pantauan awak media, selain mandi laut ada juga remaja-remaji yang sedang bermain bola kaki, ada juga yang naik perahu untuk  melihat keramain di tepi pantai, tampak juga di Museum Gunungsitoli banyak anak-anak dan dewasa mandi di pantai dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button