Tak Berkategori

Politik Uang Merusak Demokrasi


Foto: Andre Maman Roenza Ketua LBH ELIT Cirebon Raya dan Ketua DPP NCW.

Cirebon, suaraindependentnews.id | Lembaga Bantuan Hukum Elegan, Lugas, Intelegensia, Tegas (LBH ELIT) Cirebon Raya dan Dewan Pimpinan Pusat Nusantara Corruption Watch (DPP NCW) menyampaikan bahaya-nya Politik Uang yang dapat merusak tatanan demokrasi yang ada. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua LBH ELIT Cirebon Raya dan Ketua DPP NCW Andre Maman Roenza saat obrolan seputar Anti Politik Uang menjelang Pemilu 2024 di Aula Desa Gombang Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, Sabtu (1/4/2023).

“Politik uang yang terjadi dalam masyarakat kesenangannya hanya sesaat, namun kebiasaan dalam menerima Politik Uang dampaknya sangat buruk bagi sistem demokrasi kita,” kata Andre Maman Roenza.

Mengapa demikian, lanjut Andre Maman Roenza, karena dengan menerima Politik Uang, sudah merupakan salah satu bentuk dukungan untuk menciptakan dan melahirkan pemimpin-pemimpin yang punya banyak potensi untuk melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepostisme (KKN) dan sikap buruk lainnya saat memimpin nanti.

“Bisa dikatakan bahwa dengan modal besar untuk berpolitik uang yang telah dikeluarkan oleh para kandidat/calon yang berkontestasi, ketika sudah jadi, maka akan timbul pemikiran bagaimana caranya untuk mengembalikan modal itu. Sehingga pemimpin yang sudah jadi akan berpotensi melakukan hal-hal yang menguntungkan dirinya sendiri, termasuk untuk mengembalikan modalnya tersebut,” tegasnya.

Oleh karenanya Andre Maman Roenza berharap, untuk itu jadilah pemilih yang cerdas dan memberanikan diri untuk tidak menerima Politik Uang dalam bentuk apapun dari para kandidat/calon yang berkontestasi. Maka sebenarnya untuk mewujudkan Pilpres, Pilkada dan Pileg yang berkualitas di Pemilu tahun 2024 nanti, harusnya ada pada tangan masyarakat itu sendiri. Mau apa tidak dengan 50 ribu atau 100 ribu yang diterima namun 5 tahun kerugian yang akan dialami, tutur Andre Maman Roenza.

“Saya juga berharap masyarakat bisa mensikapi ini semua dengan bijak, paling tidak khususnya masyarakat Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon untuk bisa ketok tular ke para pemilih lainnya untuk bersama-sama berjuang menjaga, turut serta, dan mengawal pesta demokrasi pada Pemilu tahun 2024 nanti dari kejahatan Politik Uang, sehingga diharapkan Pilpres, Pilkada, dan Pileg pada Pemilu tahun 2024 yang akan berlangsung nanti dapat berjalan sesuai dnegan asas Langsung, Umum, Bebas, Rahasia (Luber), dan jujur serta adil” Pungkas Andre Maman Roenza yang siap perang melawan Politik Uang. (Kabiro)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button