KODAM III/SLW-MABES TNI

Posko Mobile Inovasi Kodam III/Siliwangi, Back Up Pengamanan Kunker RI 1 Di Bandung

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi (Pangdam III/Slw) Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) Pam VVIP memimpin langsung operasi pengamanan kunjungan kerja Presiden RI ke Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat selama 2 hari, Minggu sampai dengan Senin (05-06/03/2023).

Di hari pertama, 5 Maret 2023 Bersama Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, serta Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb. Ardi Syahri, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menyambut Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Ibu Iriana Joko Widodo di Bandara Husein Sastra Negara Bandung.

Agenda pertama Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana selama di Bandung adalah mengunjungi Pasar Baleendah di Kabupaten Bandung.

Pada kesempatan itu Presiden menyapa para pedagang sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang.

Selanjutnya Presiden Jokowi meninjau Kolam Retensi Andir di Kabupaten Bandung sekaligus meresmikan tiga infrastruktur lainnya, yakni Kolam Retensi Cieunteung, Floodway (Sodetan) Cisangkuy, dan Flyover (Jalan Layang) Kopo.

Pada saat meninjau Kolam Retensi Andir Presiden Jokowi secara interaktif langsung memberikan pertanyaan kepada anak-anak sekolah, dan yang bisa menjawab dengan benar, Presiden Jokowi memberikan hadiah sepeda.

Sementara itu di hari kedua Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana meresmikan Rumah Sakit Mayapada Bandung yang terletak di Jalan Terusan Buah Batu No. 5 Batununggal Kec. Bandung Kidul Kota Bandung. Kemudian mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ittifaq Kp. Ciburial Desa Alam Indah, Kec. Rancabali Kab. Bandung.

Kehadiran Presiden Joko Widodo di Ponpes tersebut dalam rangka penerapan skema pembiayaan rantai pasok pangan berbasis Koperasi.

Selama Kunker Presiden RI tersebut, pelaksanaan pengamanan dilaksanakan di beberapa lokasi yang menjadi obyek kunjungan termasuk jalur-jalur yang dilintasi dengan menerjunkan ribuan prajurit Kodam III/Slw, Polda Jabar serta instansi terkait lainnya.

Selaku Pangkogasgabpad Pam VVIP, Pangdam III/Slw selama kegiatan pengamanan berlangsung memberdayakan penggunaan inovasi Battlefield Management System (BMS). Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengambilan keputusan dalam menentukan cara bertindak yang akan dilakukan karena dapat menjangkau dengan cepat ke seluruh jajaran.

Selain itu, juga memanfaatkan inovasi Truk Posko Mobile sebagai Pos Komando untuk mendukung dalam monitoring selama pengamanan VVIP. Posko Mobile dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti LED TV, Radio SSB dan Miltrack, Wifi, Microwave, Laptop, Genset, Sound sistem, Storage penyimpanan, Cabin untuk paparan, Kelistrikan, Software BMS dan Prosmek serta MT-55.

Untuk memperkuat pengamanan Presiden RI, telah dikerahkan personel dari Satpur/Satbanpur jajaran Kodam III/Slw diantaranya dari Yonif R 300/Bjw, Yonif R 301/PKS, Yonif 312/KH, Yonkav 4/KC, Yonzipur 3/KH, Yon Armed 4/Parahyangan, Kikavser 4/THC dan Denhub jajaran. (Pendam III/Siliwangi, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button