Tak Berkategori

Potensi Nias Masih Terbuka Lebar Bagi Para Investor

Nias,  Newssuaraindependent. id_ Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli MM, jelaskan bahwa potensi Nias saat ini masih terbuka lebar bagi para investor terutama bidang pariwisata serta lahan kosong lahan kosong yang bisa diberdayakan untuk pertanian dan perkebunan 

Demikian disampaikan Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli MM, kepada sejumlah awak media ( 31/10).

“Nias merupakan tujuan wisata yang sangat potensial seperti pantainya hingga gelombang laut. Kita tahu, gelombang laut di laut Nias sudah dikenal oleh dunia internasional, Permasalahannya sekarang tidak mudah bagi investor untuk datang bila infrastruktur dan aksesibilitasnya tidak memadai,” paparnya.

Khusus daerah kepulauan dan pesisir, Bupati Sokhiatulo Laoli mengatakan juga masih sangat perlu dukungan dari pemerintah pusat. Menurut dia, tidak akan ada yang bisa dilakukan bila transportasinya tidak memadai.

“Lalu, bagaimana kita membawa komoditas dari sini keluar bila akses tidak memadai. Jadi hanya jadi konsumsi lokal saja. Akibatnya masyarakat juga jadi malas untuk memproduksi,” terangnya.

Dikatakannya, menurut data, saat ini masih ada 122 dari 514 kabupaten/kota yang masih masuk kategori tertinggal. “Dari begitu banyak, Nias termasuk di dalamnya. Inilah yang harus menjadi prioritas pemerintahan Presiden Jokowi periode kedua. Kalau 122 daerah ini sudah lepas, maka majulah bangsa ini , ucapnya. 

Bupati Sokhiatulo Laoli menyampaikan , meskipun ada perimbangan keuangan daerah, namun harus ada perlakuan khusus bagi daerah kepulauan dan daerah tertinggal.

Kalau daerah yang sudah maju, sudah tidak perlu lagi terlalu jadi perhatian karena ada bantuan dari APBN. Mereka kan sudah maju, pendapatan asli daerah juga bagus.

Kita harapkan pemerintah pusat harus lebih banyak menganggarkan bantuan dan dukungan ke daerah tertinggal. (FL/Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button