Pemerintahan

Rapat Paripurna DPRD Kab.Nias Dengar Pidato Bupati Nias.

NIAS,SUARA INDEPENDENTNEW.ID

Bertempat di ruang sidang paripurna DPRD Kabupaten Nias, acara serahterima Bupati dan Wakil Bupati Nias dilaksanakan, Rabu (15/6).

Acara diawali pembaca berita acara serahterima jabatan Bupati dan Wakil Bupati Nias oleh Kabag Pemerintahan Pardin Harefa.

Pada berita acara serahterima jabatan tersebut Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM dan Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH masa jabatan 2016 – 2021 sebagai pihak pertama

Bupati Nias Ya’atulo Gulo, SE, SH, M.Si dan Wakil Bupati Nias Arota Lase, A.Md masa jabatan 2021 – 2024 sebagai pihak ke dua

Usai pembacaan berita acara dilakukan penandatanganan berita acara serahterima oleh mantan Bupati dan Wakil Bupati Nias periode 2016 – 2021 selanjutnya Bupati dan Wakil Bupati Nias periode 2021 – 2024 dan dilanjutkan oleh beberapa saksi dan dilanjutkan penyerahan memori jabatan oleh mantan Bupati dan Wakil Bupati Nias kepada Bupati dan Wakil Bupati Nias yang baru.

Usai acara serahterima jabatan Bupati dan Wakil Bupati Nias dilanjutkan dengan rapat paripurna DPRD Kabupaten Nias yang dipimpin langsung ketua DPRD Kabupaten Nias, Alinuru Laoli dengan agenda mendengarkan pidato Bupati Nias.

Pada pidatonya, Bupati Nias Ya’atulo Gulo, SE, SH, M.Si menyampaikan ucapan terima kepada masyarakat Kabupaten Nias, Kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Nias, terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberi dukungan, komitmen dan kepercayaan kepada kami untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Nias. Ini adalah amanah yang menuntut tanggung jawab dalam memberhasilkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Nias ini ucap Ya’atulo Gulo.

Untuk melaksanakan amanah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nias, kami berkomitmen untuk Kerja Fokus, dengan Visi ”Kabupaten Nias Maju”, dan Misi ”Trisakti Nias Maju”, yaitu:  Desa terakses, Ibukota terurus; Kesehatan, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia Beranjak; dan Petani, peternak dan nelayan produktif. Adapun strategi untuk mewujudkan misi tersebut adalah : Sinkronisasi pembangunan desa dengan program pembangunan kabupaten; Pengutamaan cost-benefit setiap Program Pembangunan; dan Manajemen SDM pemerintahan yang berbasis kinerja.

Dalam menjalankan roda pemerintahan, Bupati Nias meminta dukungan masyarakat Kabupaten Nias, Kami menyadari bahwa untuk mewujudkan visi dan misi tersebut bukanlah pekerjaan mudah, terlebih-lebih apabila dikaitkan dengan keterbatasan anggaran atau keterbatasan kemampuan keuangan daerah dan keterbatasan sumber daya yang ada. Untuk itu, kita perlu kerja fokus dan tuntas, serta berbasis outcome, sehingga program dan kegiatan bermanfaat dan berdampak langsung pada kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami mohon dukungan, kerjasama, keterlibatan dan partisipasi dari seluruh komponen masyarakat, terlebih-lebih dukungan dari Pimpinan dan Anggota Dewan Yang Terhormat. Dukungan dan kerjasama tersebut menjadi energi positif dalam memberhasilkan pencapaian visi dan misi yang akan dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah harap Bupati.

Kami juga dapat memahami, bahwa ke depan, dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat, tidak terlepas dari berbagai kekurangan dan kelemahan, dengan segala keterbatasan yang ada. Kami berharap bahwa hal ini bukan menjadi penghalang dalam membangun komunikasi yang lebih intens di antara kita. Kami senantiasa terbuka untuk mendiskusikan berbagai permasalahan yang kini, sedang dan akan kita hadapi bersama. Kami berkeyakinan bahwa hanya dengan keterbukaan dan sikap saling mengingatkan niscaya semua permasalahan mampu kita hadapi bersama. Sebab, di samping pelaksanaan tugas yang penuh dengan dinamika dan tantangan, juga adanya kompleksitas permasalahan yang dihadapi dan dinamika kehidupan sosial kemasyarakatan yang semakin berkembang. Hal ini akan sangat sulit dihadapi jika kita tidak fokus dan berjalan sendiri-sendiri serta tidak memiliki gerak langkah yang sama dalam membangun Kabupaten Nias yang Maju.

Diakhir pidato Ya’atulo Gulo meminta masyarakat Kabupaten Nias bersatu, Perhelatan Pemilukada sudah selesai, Bupati dan Wakil Bupati Nias Periode 2021-2024 sudah dilantik. Oleh karena itu, segala hiruk pikuk Pemilukada dan berbagai narasi perbedaan yang selama ini berkembang, saatnya ditanggalkan. Tidak ada lagi slogan-slogan narasi pendukung 01, 02, 03, dan 04; tidak ada lagi sekat-sekat pembatas di antara kita; tidak ada lagi orang yang tidak bertegur sapa hanya karena perbedaan pilihan; tetapi yang ada adalah masyarakat Kabupaten Nias. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk bersatu. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh, ucap Bupati Nias.

Ya’atulõ Gulõ mengajak seluruh masyarakat untuk bergandengan tangan dalam mewujudkan Kabupaten Nias Maju, Dalam konstruksi ini, kami mengajak seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Nias untuk bergandengan tangan dalam mewujudkan Kabupaten Nias Maju, yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Nias yang kita cintai ini. Hal ini sejalan dengan slogan yang dikemukakan oleh Bung Karno, Presiden Pertama Republik Indonesia: ”Holopis Kuntul Baris”, artinya: ”tolong menolong dan gotong royong”. Oleh karena itu, mari kita menggelorakan semangat bergotong royong, semangat untuk bekerjasama, dan bahu-membahu untuk saling membantu,” ajak Bupati Nias.

Usai mendengar pidato Bupati Nias ketua DPRD Kabupaten Nias mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Nias kepada mantan Bupati Nias periode 2016 – 2021 dan mengucapkan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati Nias baru periode 2021 – 2024.

Hadir pada kegiatan tersebut mantan Bupati dan Wakil Bupati Nias periode 2016 – 2021, Bupati dan Wakil Bupati Nias periode 2021 – 2024, para pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Nias, Sekda Kabupaten Nias, Para kepala OPD, serta undangan lainnya. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button