KODAM III/SLW-MABES TNI

Ratusan Prajurit Kodam III/Siliwangi Ikuti Latihan Pratugas Satgas TNI Konga UNIFIL

KODAM III/SILIWANGI-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Latihan Pratugas Satuan Tugas (Satgas) TNI Kontingen Garuda (Konga) United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) TA 2023 secara resmi dibuka oleh Komandan PMPP TNI Marsda TNI Benedictus Benny K., S.H., MavMgt., MAIR., di lapangan Mako PMPP TNI, Sentul, Bogor, Senin (9/1/2023).

Para calon Peacekeepers diberikan latihan pratugas selama satu bulan untuk memberikan gambaran dan pengetahuan tentang misi perdamaian PBB dan memberikan pemahaman kondisi terakhir di daerah misi, sehingga prajurit TNI mampu melaksanakan tugas dengan profesional sesuai dengan standar PBB.

Demikian disampaikan Kapendam III/Siliwangi Letkol Inf Adhe Hansen kepada awak media di Media Center Kodam III/Siliwangi, Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Jabar, Rabu, 11 Januari 2023.

“Dari 1079 personel Satgas TNI Konga UNIFIL TA 2023 yang mengikuti latihan pratugas, sebanyak 229 orang diantaranya berasal dari Kodam III/Siliwangi, mereka adalah prajurit-prajurit terpilih yang telah diseleksi dengan ketat”, jelas Kapendam.

Prajurit Kodam III/Siliwangi yang tergabung dalam Satgas TNI Konga Unifil Lebanon TA 2023 terbagi dalam 6 Satgas, yaitu Force Headquarters Support Unit (FHQSU) 30 orang, Satgas Force Protection Company (FPC) 125 orang, Satgas Military Police Unit (MPU) 40 orang, Satgas Military Community Outreach Unit (MCOU) 18 orang, Satgas Civil Military Coordination (CIMIC) 7 orang dan Hospital 9 orang, total keseluruhan 229 orang.

Komandan PMPP TNI Marsda TNI Benedictus Benny K., S.H., MavMgt., MAIR, dalam amanatnya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh personel TNI yang telah terpilih sebagai calon peacekeepers. Selain itu juga menekankan agar selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memelihara realisme latihan sesuai dengan situasi daerah operasi yang akan dihadapi.

“Perhatikan faktor keamanan dan keselamatan personel dan material selama pelaksanaan latihan, manfaatkan latihan ini untuk meningkatkan profesionalisme perorangan dan kelompok sebagaimana semestinya yang akan dilakukan di daerah misi”, tegas Komandan PMPP TNI.

Kapendam menambahkan, materi yang diberikan diantaranya berupa pembekalan dari Mabes TNI, Kementerian terkait maupun perwakilan badan-badan PBB di Indonesia yang berada di Jakarta serta Materi pokok Core Pre-Deployment Training Material (CPTM) yang merupakan materi standar dari PBB.

“Sebagai puncak latihan akan dilaksanakan aplikasi lapangan yang dirancang khusus untuk mengimplementasikan seluruh materi yang telah diterima guna memberikan gambaran penugasan”, pungkas Kapendam III/Siliwangi Letkol Inf Adhe Hansen. (Pendam III/Siliwangi, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button