Peristiwa

Raih Penghargaan Smart City 2021, Pemkab Solok Optimis Menjadi Kabupaten Terbaik

Selasa, 14 Desember 2021

Kab Solok, Suaraindependent.id– Penghargaan Smart City, kategori Smart Living dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, BSD City Tangerang kepada Pemerintahan Daerah Kabupaten Solok, Selasa (14/12).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Solok Epyardi Asda yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Deni Prihatni di Jakarta kemarin.

Deni Prihatni mengungkapkan rasa syukur yang luar biasa atas penghargaan yang diterima tersebut. Dikatakannya,  lomba Smart City yang dimulai sejak 2018 lalu telah melewati berbagai penilaian di masing-masing sektor.

Pemerintahan Daerah Kabupaten Solok terima penghargaan Smart Living tersebut karena berhasil mewujudkan tiga aspek penilaian, yakni:

  • Harmonisasi Tata Ruang Wilayah yang mampu mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang nyaman. Harmonisasi antara pemukiman, kegiatan bisnis dan fasilitas rekreasi.
  • Prasarana Kesehatan yang meliputi Akses ketersediaan makanan dan minuman yang sehat. Akses pelayanan kesehatan dan Akses sarana dan prasarana olahraga.
  • Sarana Transportasi yang mencakup kepada penciptaan transportasi yang mudah bagi individu, publik dan transportasi logistik.

Kadis Kominfo mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Solok mampu mengembangkan dan menciptakan sistem layanan yang berintegrasi, agar terwujudnya penyelenggaraan pemerintah daerah yang efektif, efisien, ekonomis, partisipatif, transparan, akutanbel.

Selain memberikan pelayanan Smart Living yang maksimal di bidang sosial masyarakat, Pemerintah daerah juga mengembangkan pilar dimensi smart city lainnya yaitu smart economy, smart branding, smart governance, smart society, dan smart environment, terangnya.

Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika menyatakan, untuk mendorong penerapan dan pengembangan smart city melalui Gerakan Menuju Smart City, Kementerian Kominfo fokus pada enam pilar, yaitu smart governance, smart infrastructure, smart economy, smart living, smart people dan smart environment.

Gerakan Menuju Smart City adalah sebuah inisiatif bersama antara Kominfo melalui kolaborasi dengan berbagai elemen dalam mendorong pembangunan berbasis smart city di Indonesia. Dalam gerakan ini, Kementerian Kominfo melakukan proses pembimbingan dan pendampingan kepada pemerintah kota dan kabupaten yang terpilih dalam membuat rencana induk atau master plan pembangunan smart city, terangJohnny G Plate. (billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button