POLRES GARUT-POLDA JABAR

Respon Cepat Polsek Tarogong Kidul Bantu Tangani Bencana Alam Longsor Di Desa Mekargalih

GARUT-JABAR || suaraindependentnews.id – Polsek Tarogong Kidul Polres Garut cek lokasi bencana alam longsor di Perumahan Viu Park Mekargalih Kp. Ciocong Desa Mekargalih Kec. Tarogong Kidul Kab. Garut, Sabtu 24 Februari 2024.

Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K., M.Si., melalui Kapolsek Tarogong Kidul Kompol H. Alit Kadarusman mengatakan diduga bencana alam longsor tersebut terjadi pasca Desa Mekargalih diguyur hujan yang lebat dan durasi cukup lama.

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Tarogong Kidul Aipda Hilman diterjunkan ke lokasi bencana yang turut didampingi oleh Babinsa Koramil Tarogong, Kepala Desa Mekargalih dan Ketua BPD Desa Mekargalih.

Menurut pantauan Hilman di lokasi kejadian longsor tersebut menyebabkan ruas jalan akses menuju Perumahan amblas kurang lebih sekitar 50 meter.

Tak hanya itu area sawah juga terkena dampak longsor, sawah mengalami kerusakan sekitar 500 tumbak, 1 tiang listrik roboh dan 1 unit mobil No Pol Z 1856 EK terjebak di area parkir lokasi longsor.

Menindaklanjuti situasi tersebut, Aipda Hilman berkoordinasi dengan PLN dan Dinas BPBD Kab. Garut untuk membantu proses penanganan bencana alam di Desa binaannya.

Kendaraan beko diterjunkan untuk mengevakuasi mobil yang terjebak di area parkir longsor tersebut.

Lanjut Hilman mengatakan sementara jalan menuju perumahan sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda 2 namun untuk sementara waktu kendaraan roda 4 atau lebih belum dapat melalui nya.

Kemudian sebagai langkah penanganan bencana Polsek Tarogong Kidul bersama Dinas BPBD Kab. Garut memasang garis polisi di sekitar lokasi amblasnya jalan agar nantinya jalan dapat dilalui kembali secara normal.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana longsor ini, namun beberapa fasilitas umum seperti tiang listrik roboh dan lahan pertanian sawah milik warga sekitar mengalami kerusakan imbas dari longsor tersebut”, imbuh Hilman.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button