WISATA KEAGAMAAN

Safari Ramadhan, Bupati Solok Gelontorkan 7,5 M Anggaran Untuk Nagari Aripan

Minggu, 10 April 2022

Kab Solok, Suaraindependent.idSebanyak 2,5 Milyar dana APBD Kab Solok akan di gelontorkan ke Nagari Aripan Kecamatan X Koto Singakarak dalam rangka mensukseskan pembangunan di berbagai bidang.

Hal itu disampaikan Bupati Solok H. Epyardi Asda, M.Mar saat melaksanakan agenda rutin safari ramadhan malam ke 4 pada ramadhan tahun ini. Bertempat di mesjid Nurul Huda Aripan Bawah Nagari Aripan Kecamatan X Koto Singkarak, Minggu (10/4).

Tidak hanya itu, Nagari Aripan juga akan menikmati kucuran dana dari Propinsi Sumbar. Anggaran tersebut bersumber dari dana partisipatif anggota DPRD Propinsi dari fraksi PAN, Indra Dt Rj Lelo yang diperuntukan untuk perbaikan jalan dari batas Kota Solok menuju Nagari Aripan.

“Jalan Propinsi sepanjang 6 Km lebih tersebut akan menyerap anggaran sebanyak 5 Milyar Rupiah yang disiapkan oleh Dewan Propinsi Sumbar untuk perbaikan insfratruktur jalan dari Nagari Aripan ke Kota Solok.”

Sementara, dana bantuan ke Kab Solok tersebut masuk ke dalam APBD Kab Solok yang disebut dengan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK), ungkap Bupati.

Ditegaskan Bupati, “adapun anggaran yang masuk ke Aripan ini merupakan serapan dari aspirasi masyarakat Nagari Aripan yang di usulkan oleh masyarakat melalui Musrembang Nagari Aripan,” ucap Epy.

Saya berharap, kedepannya pembangunan di Aripan ini tertata dengan baik. Pembangunan irigasi sudah banyak, program P3A dan Pisau juga sudah banyak disini melalui program Anggota DPR RI, Atari gauthi.

Sambung Bupati, “mulai bulan September besok, saya akan penuhi semua janji janji kampanye saya ke pada masyarakat. Kita mempergunakan anggaran ini berbasis masyarakat, anggaran ini akan kita maksimalkan untuk kepentingan masyarakat.”

Sampai tahun 2023 nanti, Jalan jalan di Aripan ini akan kita aspal semuanya, juga jalan di Nagari Muara Panas, Jalan ke Bukit Sileh akan kita perbaiki, namun semua itu akan kita lakukan secara bertahap

Malam ini, tutur Bupati, sayang sekali Wali Nagari Aripan tidak banyak menghadirkan warganya. Ninik mamak, pemungka adat, bundo kanduang dan pemuda seharusnya dilibatkan di safari ramadhan ini. Kenapa saya berharap mereka ada, karena kita bisa berdiskusi disini, menampung aspirasi masyarakat yang tidak tertampung pada Musrembang tingkat Nagari kemaren, paparnya.

“Kita akan buka dialog di forum safari ramadhan ini, silahkan usulkan kepada saya, itu diluar usulan dan program dari musrembang, akan saya tampung dan saya masukan pada anggaran perubahan nanti,” tegas Epyardi Asda.

Terkait Nagari Aripan yang merupakan penghasil buah Durian terbesar di Solok, Bupati Epyardi Asda juga berjanji akan membumingkan Durian Aripan ini, dan kita berharap juga Aripan bangkit untuk kedepannya, tutup Bupati.

Saat dialog dibuka, beberapa usulan dari masyarakat di tampung Bupati. Diantaranya, perbaikan Jalan Aripan kapua, jalan Lubuk Jorong dan jalan Data Bungo serta jalan jalan penghubung antara Jorong lainnya.

Selain itu dibidang pendidikan, juga ada usulan dari Kepala Sekolah SMP 6 Kecamatan X Koto Singkarak Eli parman, S.pd, kita butuh saat ini rehap lokal dan kantor, mobiler siswa dan Labor. Saat ini yang paling urgent adalah pagar sekolah, terangnya.

Hadir pada safari ramadhan tersebut bersama Bupati Solok, Ny. Emiko, Sekda Kab Solok, para Asissten, Staf Ahli, Kadis Sosial, Kadis DLH, Kadis Kominfo, Kadis Kesehatan, Kadis Pertanian, Kadis PUPR, Kasat Pol PP, Sekretaris DPMN, dll. (Billy@nsi-id)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button