Tak Berkategori

Salimpek Punya Cerita, Bupati Solok ; Mari Kita Lestarikan Tradisi “Mambadak Masjid”

Bupati Solok H Epyardi Asda hadiri Mambadak Mesjid Si Nagari Salimpek

Minggu, 19 Februari 2023

Kab Solok, Suaraindependent.id — Tradisi “Mambadak Mesjid” sejauh ini masih membudaya di bumi marqisah Kabupaten Solok. Nagari Salimpek yang berada di Kecamatan Lembah Gumanti merupakan salah satu Nagari yang tetap mempertahankan kelestarian budaya tersebut.

Bupati Solok H. Epyardi Asda saat menghadiri kegiatan yang digelar oleh masyarakat Nagari Salimpek tersebut mengungkapkan bahwa tradisi mambadak masjid tersebut bertujuan untuk menjadikan Mesjid sebagai tempat beribadah lebih baik dan lebih indah, sehingga memberikan kenyamanan bagi jemaah yang menunaikan ibadahnya,

Alek mambadak ini merupakan upacara adat yang perlu kita lestarikan dalam rangka membersihkan dan membangun kembali Mesjid, ucap Bupati saat membuka Mambadak Masjid Tauhid Jorong Taratak Baru, Nagari Salimpek, Kecamatan Lembah Gumanti, Minggu 19 Februari 2023

Dikatakan Epyardi Asda, Pemkab Solok dalam melaksanakan pembangunan memiliki prinsip anggaran berbasis kebutuhan rakyat, yang bertujuan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh rakyat, dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Upacara adat tersebut diawali dengan resepsi pambaliak baban dari 4 Suku yang ada di Nagari Salimpek (Melayu, Chaniago, Panai dan Tanjuang).

Walinagari Salimpek Zulfikar mengucapkan terimakasih kepada seluruh tokoh masyarakat yang telah memberikan usulan-usulan yang dibutuhkan untuk pembangunan di Nagari Salimpek terkhususnya Jorong Taratak Baru.

Bupati juga menyerap aspirasi dan usulan pembangunan masyarakat Nagari Salimpek, seperti perbaikan jembatan menuju SMPN 4 Lembah Gumanti, pembangunan wc dan tempat berwudhu untuk SMPN 4 Lembah Gumanti.

Kemudian pembangunan gedung pustaka, penambahan wc dan tempat berwudhu SDN 12 Salimpek.

Selain itu juga disampailan usulan lampu jalan, penyelesaian pembangunan jembatan utama menuju Jorong Sungai Talang serta lanjutan pembukaan jalan Kubang Jantan ke Sibuah-buah. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button