Tak BerkategoriWISATA KEAGAMAAN

Sambangi Parambahan, Wabup Solok JFP Di Tunggu “Cando Si Buyuang Pulang dari Rantau”

Wabup Solok Jon Firman Pandu

Jum’at, 15 April 2022

Kab Solok, Suaraindependent.id– Kesantunan dan kerendah hatian seorang Wabup Solok Jon Firman Pandu (JFP) tidak perlu dipertanyakan lagi, mungkin itu sudah bawaan dari orok hingga dewasa,sampai menjadi seorang publik figur di kalangan Pemkab Solok, dan masyarakat Kab Solok tentunya.

Itupun dibuktikan dengan setiap kali kunjungannya ke tengah tengah masyarakat, sampai daerah terpelosok pun, JFP selalu di tunggu warga dengan tangan terbuka dan penuh suka cita.

“Bak Cando Mananti Si Buyuang Pulang Dari Rantau,” itulah pepatah yang tepat untuk seorang JFP saat ini. Saban hari undangan dari masyarakat untuk berkunjung ke Nagarinya tidak pernah sepi menghampiri Wabup Solok.

Seperti halnya hari ini, tradisi “Kampuang” dalam rangka melaksanakan Aqiqah massal di Bulan Suci Ramadhan, masyarakat Nagari Parambahan Kecamatan Bukit Sundi Kab Solok undang Wakil Bupati Solok JFP untuk melaksanakan buka bersama.

Acara Aqiqah tersebut ditandai dengan penyembelihan sapi sebanyak dua ekor. Terlihat dari pantauan media ini, masyarakat Nagari Parambahan memenuhi Mushalla Nurul Yaqin di Jorong di Bawah Mesjid, Jum’at (15/4).

Wabup Solok JFP Babuko Basamo dengan masyarakat Nagari Parambahan Kec. Bukit Sundi

Turut Hadir saat itu, Anggota DPRD Propinsi Irzal Ilyas Dt. Lawik Basa, Camat Bukit Sundi, Kapolsek Bukit Sundi IPTU Thamrin didampingi oleh Bhabinkamtibmas Aipda Roky BP dan Danramil 07, Wali Nagari Parambahan Yatrinaldi, Wali Nagari Dilam, Wali Nagari Bukit Tandang, Ketua Ormas Grib Kabupaten Solok Wardesko PB dan Tokoh masyarakat, pemuda, wartawan serta Jemaah Mushalla Nurul Yakin.

Wali Nagari Parambahan Yatrinaldi sambut kedatangan Wakil Bupati Solok yang di iringi dengan kedatangan Irzal Iyas anggota DPRD Propinsi Sumbar

Sesuai yang di sampaikan Yatrinaldi, Aqiqah Massal yang di selenggarakan di bulan ramadhan ini merupakan tradisi masyarakat Nagari Parambahan yang sudah ada dan dilaksanakan secara turun-temurun.

“Aqiqah di bulan ramadhan ini merupakan tradisi yang diturunkan niniak moyang kita sejak zaman dahulu. Kali ini tempatnya di Mushalla Nurul Yakin Jorong bawah Mesjid, dan hari berikutnya bergiliran kita adakan di Mushalla Mushalla lainnya di Nagari Parambahan,” terang Walnagari.

Sebanyak 14 orang  jumlah peserta Aqiqah pada tahun ini dengan menyembelih 2 ekor sapi. Kita berharap masyarakat Parambahan terus melestarikan tradisi nenek moyang kita ini, pungkas Walinagari.

Senada dengan itu, Wakil Bupati Solok Jon Firman Pandu mengucapkan terimakasih kepada Wali Nagari beserta masyarakat Nagari Parambahan yang telah berkenan mengundangnya dalam momentum ini,

“Kita patut berbangga, masyarakat Nagari Parambahan masih menjaga tradisi kearifan lokalnya.”

JFP juga menyampaikan maaf Bupati Solok yang tidak dapat hadir di Nagari Parambahan karena ada agenda lain. Wabup berharap kepada masyarakat untuk terus mendukung program-program Pemerintah Kabupaten Solok dalam “Mambangkik batang Tarandam, Menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Suamtera Barat.”

Sementara, Anggota DPRD Propinsi Sumbar Irzal Ilyas Dt. Lawik Basa juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Parambahan atas undangan babuko basamo. Ia juga menyampaikan bahwa tahun 2022 ini akan menempatkan satu paket Pokok Pikiran (Pokir) nya untuk pembangunan jalan di Parambahan.

“Dengan adanya dana Pokir untuk akses jalan di Nagari Parambahan, saya berharap jalan tersebut bermanfaat bagi masyarakat Parambahan. Dan terimakasih juga atas kepercayaan masyarakat Parambahan kepada saya untuk menjadi perwakilan rakyat di Propinsi Sumatera Barat,” ungkap Irzal Ilyas. (billy@nsi-id)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button