KESEHATAN

Sepakati kerjasama Lintas Pemda, Wako Sawahlunto ; Solok Dengan Sawahlunto Masih Seirisan

Bupati Solok H Epyardi Asda Sepakati kerjasama dengan Deri Asta, Walikota Sawahlunto

Rabu, 5 April 2023

Kab Solok, Suaraindependent.id– Pemkab Solok bersama Pemko Sawahlunto melakukan kesepakatan bersama tentang pelayanan kesehatan dan pengendalian penduduk serta KB dalam jangka waktu 5 tahun kedepan.

Bertempat di Baleirung Bupati Solok Arosuka, resume nota kesepakatan dan perjanjian kejasama dibacakan oleh kepala bagian kerjasama Setda Kabupaten Solok, Drs. Dafrizal M.M.

Adapun maksud dan tujuan diadakannya kesepakatan ini adalah;
1. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan dasar hukum bagi para pihak dalam melaksanakan kerjasama guna meningkatkan segenap potensi dan sumber daya yang dimiliki para pihak

2. Untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi para pihak sesuai dengan kewenangan yang dimiliki

Kesepakatan bersama ini di tindaklanjuti melalui kegiatan diantaranya :
perjanjian kerjasama antara Dinas Kesehatan, pengendalian penduduk dan keluarga berencana Kota Sawahlunto dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Solok tentang pelayanan Kesehatan di wilayah perbatasan.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta menyebutkan bahwa kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini adalah kegiatan yang sangat penting yaitu kerjasama dua Daerah yang bertetangga dan bersaudara

Daerah yang berbatasan itu, ada beberapa diantaranya Nagari Lumindai, Nagari Kajai, Nagari Talago Gunuang dan Nagari Sibarambang.Ini terpisah secara administrasi Pemerintahan tetapi secara persaudaraan tidak ada sekat dan batasan, artinya kita tidak ingin memutus hubungan silaturahmi ini karena adanya batas administrasi Pemerintahan.

Batas administrasi Pemerintahan ini hanya merupakan syarat bagaimana kita melakukan program pelayanan dengan baik, tapi tidak membatasi bagaimana kita bisa melayani masyarakat secara keseluruhan, Maka MoU ini sangat dibutuhkan keberadaannya, tutur Wako.

Senada dengan itu, Bupati Solok Epyardi Asda menyambut baik kegiatan tersebut. Disebutkannya, Pemerintah Kab. Solok dan Pemeritah Kota sawahlunto melakukan kerjasama dalam rangka melaksanakan tugas sebagaimana yang diamanahkan oleh masyarakat, untuk berjuang sekuat tenaga bagaimana memaksimalkan segala sesuatunya agar bisa dirasakan oleh masyarakat.

Adanya kerjasama ini tentu akan menjalin rasa silaturahim antara masyarakat Kabupaten Solok dengan masyarakat Kota Sawahlunto, khususnya dengan Daerah perbatasan

Ada program dari ibu Athari Gauti Ardi dan juga dari kementerian PUPR, yaitu Program Inpress untuk jalan Daerah, dengan harapan kita bisa membangun jalan-jalan di daerah perbatasan agar nantinya memudahkan kita untuk kerjasama, baik Pemerintah ataupun masyarakatnya

Saya berharap, ini bukan hanya sampai di bidang Kesehatan saja, masih banyak yang masih bisa kita kerjasamakan dan kita kembangkan, kita bisa tingkatkan UKM kita di masing-masing Daerah, sehingga masyarakat kita bisa membaur, tentu saja ini harus sesuai dengan peraturan yang ada, tutur Epyardi Asda.

Hadir dalam penandatanganan perjanjian itu, Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda M.Mar, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, S.H beserta jajaran, Sekda Kab. Solok diwakili Asisten I Drs. Syahrial, M.M, Sekda Kota Sawahlunto Dr. dr. Ambun kadri, M.Km, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD,cCamat se- Kabupaten Solok, Tamu Undangan lainnya. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button