KODAM III/SLW-MABES TNI

Serangan Udara, Yonarhanud 14/PWY Gelar Alutsista Lindungi Bandar Udara Cakrabuana

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Yon Arhanud) 14/PWY menggelar latihan praktik lapangan di Bandar Udara Cakrabhuwana Cirebon Jl. Jenderal Sudirman, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Kamis (25/05/2023).

Demikian disampaikan Danyon Arhanud 14/PWY Cirebon Mayor Arh Yanuar Yudistira melalui saluran telepon seluler, Jum’at 26 Mei 2023.

Kegiatan Latihan Collective Training tersebut dibuka pada tanggal 15 Mei 2023 lalu dan akan berakhir hari Jumat 26 Mei 2023.

Latihan praktik lapangan dalam rangkaian latihan hari ke-11 dilaksanakan dalam 3 sesi latihan praktik.

Ketiga sesi tersebut meliputi penggelaran alutsista rudal dan radar, sinkronisasi alutsista rudal dan radar, serta Prosedur pengendalian operasi mulai penangkapan, identifikasi, penguncian hingga simulasi penembakan sasaran.

Pada kesempatan itu Mayor Arh Yanuar Yudistira menjelaskan dalam skenarionya Batalyon Arhanud 14/PWY menggelar alutsista di sekeliling Bandar Udara Cakrabhuwana Cirebon untuk melindungi bandara tersebut dari serangan udara pesawat musuh.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengoperasikan alutsista milik TNI AD di Yon Arhanud 14/PWY yang modern, maju dan canggih”, jelas Mayor Yanuar.

Selama pelatihan Collective Training tersebut, Yonarhanud 14/PWY bekerjasama dengan para instruktur dari Angkatan Darat Inggris atau British Army.

“Instruktur dari British Army yang berlatih bersama prajurit Yon Arhanud 14/PWY memiliki berpengalaman di medan perang, sehingga hal tersebut dapat kita kembangkan dalam hal-hal teknis selama latihan”, terang Danyon.

Diharapkan seluruh prajurit Yon Arhanud 14/PWY Cirebon setelah mengikuti pelatihan Collective Training menjadi lebih profesional dalam mengawaki alutsita Rudal Starstreak. (Pendam III/Siliwangi, editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button