SOSIAL

Studi Komparatif TP-PKK Kab Solok Ke Jawa Tengah

Selasa, 7 Desember 2021

Kab Solok, Suaraindependent.id– Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas TP-PKK Kabupaten Solok dari tahun sebelumnya, TP-PKK Kabupaten Solok kunjungi TP-PKK Kota Semarang Propinsi Jawa Tengah.

Bertempat di Gedung Dharmawanita Persatuan, Kota Semarang, Jawa Tengah, rombongan TP-PKK Kabupaten Solok dijamu oleh TP-PKK Propinsi Jawa Tengah, Selasa (7/12)
Hari :.

Hadir dalam temu ramah tersebut Ketua TP PKK Prov. Jawa Tengah Atikoh Ganjar Purnowo besrta pengurus, Ketua Bidang dan Pokja 1,2,3 dan 4 TP PKK Prov. Jawa Tengah, Ketua TP PKK Kab. Solok Emiko Epyardi Asda, Sekretaris TP PKK Kab. Solok Retny Humaira, Wakil Sekretaris TP PKK Kab. Solok Mila Susanti, Bendahara TP PKK Kab. Solok Suriani, Ketua Bidang dan Pokja 1,2,3 dan 4 TP PKK Kab. Solok, Sekretaris DPMN Kab. Solok : Ricky Carnova.

Ketua TP-PKK Prov. Jawa Tengah mengcapkan selamat datang kepada Ketua TP-PKK Kab Solok dan rombongan atas kunjungannya ke Semarang. Disebutkan, Propinsi Jateng terdiri dari 36 jt jiwa yang tersebar di 35 Kab/ Kota dan 576 Kecamatan. Bisa dibayangkan betapa padatnya penduduk Propinsi Jateng ini, terangnya.

Oleh karena itu, jumlah PKK RT dan Dasawisma nya pun sangat besar yaitu 218.111 dan Dasawisma-nya sebanyak 505.349.TP PKK Jateng dalam melaksanakan tugasnya didukung oleh 1.297.651 orang Kader Umum dan 616.845 orang Kader Khusus. TP PKK Jateng juga mendapat dukungan penuh oleh Pemerintah Prov. Jateng melalui Tim Pembina dimana program dan kegiatan 10 Program Pokok PKK Terintegrasi dengan program dan kegiatan OPD.

 

Inovasi serta penyesuaian program dan kegiatan akan terus dilakukan untuk menjaga eksistensi Gerakan PKK di Jateng. Sejak tahun 2017 s/d 2019 kami dapat mempersembahkan berbagai penghargaan sehingga kami mendapat Piala Tetap. Tetapi sejak tahun 2020 penilaian atau pelaksanaan lomba 10 Program Pokok PKK dihentikan karena Pandemi Covid-19.

Senada dengan Ketua TP-PKK Kab. Solok, Ny. Emiko Epyardi Asda mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ketua TP PKK Prov. Jateng beserta seluruh jajaran pengurus yang telah berkenan menerima kami TP PKK Kab. Solok dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas TP PKK Kab. Solok

Dijelaskan Emiko, kami baru melaksanakan tugas lebih kurang 6 bulan, sehingga saat ini kami dalam kondisi berbenah, memperbaiki adminsitrasi, menyusun rencana kerja dan rencana strategis PKK yang kami selarasnya dengan program-program Tim Penggerak PKK Pusat hasil Rakernas IX dan program-program Pemdakab Solok.

Tujuan kedatangan kami pada  kesempatan ini adalah untuk menggali informasi, ilmu dan kiat-kiat dari Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK, Kami juga mohon ijin nantinya untuk mengunjungi Tim Penggerak PKK Kabupaten Klaten dan Tim Penggerak PKK Desa Jonggrangan Kecamatan Klaten Utara dalam rangka mempelajari tertib administrasi karena kita ketahui bersama bahwa suatu organisasi yang baik dapat dilihat dari tertib administrasinya.

Selain itu, Kab Solok juga punya tempat wisata yang terkenal saat ini Chinangkiek Dream Park,  keanekaragaman budaya tradisional, makanan dan kuliner ciri khas Kabupaten Solok. Kalau di Provinsi Jawa Tengah terkenal dengan pusat batik, kami Kabupaten Solok juga punya produksi batik yang saat ini sedang kami kembangkan yang mempunyai ciri khas tersendiri. Kami tunggu Ibu Atikoh Ganjar Pranowo beserta jajaranya, harap Emiko. (billy@nsi-id)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button