PARIWISATA

Sukseskan Festival Pesona Aekhula Nias Barat Tahun 2022 Adalah Event Nasional

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID
Festival Pesona Aekhula (FPA) ini masuk dalam daftar 110 Kharisman Event Nusantara (KEN) Tahun 2022. Event itu rencananya akan digelar pada 1-5 Juni 2022 mendatang di Kecamatan Sirombu, ucap Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, saat memimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan kegiatan di Aula Soguna Bazato, Onolimbu, Kecamatan Lahomi, Nias Barat, Senin (25/4/2022).
Dijelaskan Bupati, masuknya Festival Pesona Aekhula pada event KEN tidak terlepas dari kerja keras dinas terkait.
Pelaksanaan kegiatan pada Event Nasional Festival Pesona Aekhula Nias Barat kegiatan, antara lain : Lomba Aekhula Voice, dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu babak penyisihan pada 1-2 Juni dan grand finalnya dilaksanakan pada tanggal (4 Juni 2022).
Di lanjutkan Festival Kerajinan Tangan dilaksanakan 1-4 Juni, sedangkan Festival kuliner di tanggal 2 Juni 2022 dan festival layang-layang pada tanggal 3 Juni 2022.
Kemudian, Lomba Spot foto dimulai 24-28 Mei 2022, sementara mancing mania dilaksanakan pada 3 Juni 2022. Terakhir, Bazzar/Stan Pameran berlangsung selama 5 hari dari 1-5 Juni dan diacara puncaknya, 5 Juni diadakan pertunjukan budaya.
 “Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Nias Barat yang telah bekerja keras  mempersiapkan segala sesuatu sehingga event daerah ini  berhasil masuk di jajaran elit kalender event Nasional” ucapnya.
Seperti dikutip dari akun halaman Facebook Nias Barat Soguna Bazato, dijelaskan Khenoki Waruwu bahwa, penyelenggaraan festival pesona Aekhula Tahun 2022 sungguh menjiwai falsafah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
Ini adalah pesta budaya rakyat Kabupaten Nias Barat, oleh karena itu kita ingin masyarakat mengambil bagian bahkan menjadi pelaku utama. Atraksi pemukulan 105 Gendang (Bahasa Nias: Famozi Gondra) dan pemukulan 8 Gong (Bahasa Nias : Famozi Aramba). (F.Larosa)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button