PARIWISATA

Susun Kalender Event Tahun 2023, Disparbud Kabupaten Solok Bangkitkan Gairah Pariwisata

Berbagai event telah digelar oleh Disparbud Kabupaten Solok sepanjang tahun 2022

Rabu, 23 November 2022

Kab Solok, Suaraindependent.id — Bangkitkan Gairah di Sektor Pariwisata, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Solok mulai menyusun Kalender dan menginventarisi kembali event event yang akan diselenggarakan pada tahun 2023.

Penyusunan kalender tersebut dilakukan Disparbud pada akhir Tahun 2022 dalam rangka mendongkrak kinerja pada sektor Pariwisata.

Hal itu di ungkapkan oleh Plt Kadis Disparbud, Armen, AP, MM yang didampingi oleh Kabid Pemasaran Pariwisata, Fathnaini Aisyah, S.Pt, Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata, Rince Kusmala Dewi, SE, MM

Disebutkannya, event event yang sudah terlaksana dengan sukses di tahun 2022, antara lain, “Festival 5 Danau, Pemilhan Duta Wisata dan Budaya, Pendakian Gunung Talang dan Camp Danau Talang Bersih , Gowes Salingka Danau dan akan terlaksana event Paralayang”

Mengacu kepada event yang sudah terselenggara, kemudian dari evaluasi pelaksanaannya, event yang sudah terlaksana tersebut bisa di usulkan kembali dalam kalender event. Namun perlu penyempurnaan yang di kemas lebih apik lagi, sehingga lebih banyak menarik wisatawan Nusantara maupun Mancanegara.

Dijelaskan Armen, selain dari event yang sudah terlaksana dan akan di masukkan kembali dalam kalender event Tahun 2023, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok juga akan menggalakkan program 1 Village 1 Event, 1 Nagari 1 Event.

Program ini di maksudkan untuk mendorong Nagari – Nagari agar dapat menggelar event event yang sudah ada agar lebih menarik dan berdampak pada perekonomian masyarakat serta mendatangkan wisatawan Nusantara maupun Mancanegara ke Nagari tersebut.,” papar Kadis Parbud Kab Solok.

Senada dengan Kadis, Kabid Pemasaran Pariwisata, Fathnaini Aisyah, S.Pt bersama Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata, Rince Kusmala Dewi, SE, MM menyebutkan, Disparbud Kab Solok mendorong Nagari untuk menggelar berbagai event. Namun, bagi Nagari Nagari yang belum mempunyai event, kita tetap mendorongnya untuk dapat menciptakan event sesuai dengan keunikanan dan kekhasan Nagari masing masing.

Bagi Nagari Nagari yang sudah mempunyai event akan di kurasi kembali, jika layak, akan di masukkan dalam kalender event daerah. Kalender event ini rencana akan di launching pada awal Tahun 2023 yang dihadiri oleh perangkat Daerah, Nagari, komunitas-komunitas, Mitra Dinas Pariwisata dan Kabudayaan, stakeholder terkait dan sponshorship.”

Ini dimaksud kan agar event yang akan dilaksanakan dapat di ketahui semua pihak sehingga event event ini mendapat kan support dan disaksikan masyarakat Kabupeten Solok khususnya, terang mereka. ([email protected])

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button