PEMERINTAH KABUPATEN NIAS BARAT

Pemkab  Nias Barat Berupaya Meningkatkan Pendapatan Dan Taraf Hidup Petani

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, melakukan penanaman perdana intensifikasi padi sawah di Sawah Ba’a Desa Hilidaura Kecamatan Mandrehe Barat pada Jumat (11/08/2023) sore.

Dalam laporannya, Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Ernawati Gulo, MM, mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan intensifikasi di Sawah Ba’a dilakukan sesuai arahan Bupati Nias Barat untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pada sektor pertanian padi sawah dan berdasarkan survei diputuskan pelaksanaan intensifikasi padi sawah dilaksanakan di Sawah Ba’a yang merupakan hamparan sawah terluas di Kabupaten Nias Barat yaitu 106 Ha.

“Program intensifikasi padi sawah di Desa Hilidaura pada tahun ini seluas 30 hektar yang digarap oleh 38 KK anggota Kelompok Tani. Mereka akan mendapat beberapa bantuan yaitu Benih Padi Varietas Mekongga, Pupuk NPK, Pestisida dan Saprodi serta biaya pengolahan lahan,” jelas Ernawati Gulo.

Bupati Nias Barat dalam arahannya mengatakan bahwa kegiatan penanaman padi sawah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, dan meningkatkan produktifitas pertanian di Sawah Ba’a dengan target 7-8 Ton/hektar.

“Pemerintah Kabupaten Nias Barat berupaya mendorong peningkatkan pendapatan dan taraf hidup petani dengan cara peningkatan produksi dan produktivitas padi sawah. Hal ini juga merupakan salah satu perwujudan pencapaian Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat yaitu mengembangkan ekonomi masyarakat berbasis agrominawisata khususnya bidang pertanian,” ungkap Bupati Nias Barat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyerahkan secara simbolis bantuan kepada Kelompok Tani Ingin Maju Desa Hilidaura berupa Pupuk, Pestisida dan Handsprayer dan selanjutnya melakukan secara langsung penanaman perdana padi sawah sebagai tanda dimulainya kegiatan Intensifikasi pertanian padi sawah di Sawah Ba’a Desa Hilidaura.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat Sozisokhi Hia, SH, MM, Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Ernawati Gulo, S.Pd, MM, Kadis Perpustakaan Rosedi Daeli, MM, Plt. Kadis Kominfo Sonifati Zebua, MM, Camat Mandrehe Barat Sawato Gulo, SH, Kabag Keprotokolan dan Komunikasi Pimpinan, Listia Mendrofa, MM dan Pejabat Adminsitrator lainnya serta beberapa Kepala Desa se Kecamatan Mandrehe Barat dan sejumlah tokoh masyarakat. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button