POLRI

Tim SAR Brimob Polda Jabar Cari Korban Tenggelam Di Situ Cileunca Pangalengan

BANDUNG, suaraindependentnews.id – Personil Kompi 3 Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Jabar Di bawah Pimpinan AKP Sriyanto selaku Komandan Kompi 3 Batalyon A Pelopor. Melaksanakan pencarian korban tenggelam di wilayah Pangalengan.

Mendengar adanya Korban Tenggelam di Danau Situ Cileunca Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Team Siaga SAR Brimob yang di pimpin oleh Danru Aipda Topik Hadi langsung bergeser menuju titik sasaran.

Sementara di tempat terpisah Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si., mengungkapkan bahwa tim siaga SAR Sat Brimob Polda Jabar. Telah bekerja sigap dalam pencarian korban tenggelam di wilayah Pangalengan.

“Walaupun proses pencarian korban sangat sulit karena terkendala cuaca. Namun mayat korban berhasil di ketemukan oleh tim SAR Sat Brimob Polda Jabar dan ini patut di acungi jempol”, ucap Ibrahim Tompo, Selasa (5/4/2022).

Adapun Korban yang tenggelam bernama Heru umur 15 tahun di Danau Situ Cileunca kampung Pulo kecamatan Pangalengan kabupaten Bandung. Di kabarkan kejadian bermula saat korban, Heru (15) bersama tiga orang temannya bermain di atas perahu dan kemudian terjatuh.

Setibanya di tempat kejadian Tim SAR Sat Brimob Polda Jabar langsung menyiapkan segala peralatan SAR. Sebelum turun langsung kelapangan Aipda Topik Hadi memimpin Apel dan memberikan sedikit pengarahan Kepada Anggota SAR Sat Brimob Polda Jabar.

Adapun alat yang di gunakan antara lain 1 Unit Truk Angkut Pasukan, 1 Unit Perahu LCR dan Mesin LCR. Serta 1 Set Alat Selam, 10 Buah Pelampung, 1 Set Alat Komunikasi, 1 Unit Jangkar, 1 Unit Ring Boy. Juga 1 Set webbing dan carabiner.

Dalam Proses Pencarian Korban Juga di bantu oleh pihak Polsek Pangalengan, SAR Sat Brimob Polda Jabar, Basarnas, Tagana, Relawan. Dan beberapa Potensi SAR Lainnya dan Masyarakat Sekitar, yang di pimpin Kapolsek Pangalengan Kompol Imron.

Dalam proses pencarian Korban sangat sulit di lakukan, karena terkendala cuaca Hujan yang tidak menentu dan Perlu di ketahui bahwa situ Cileunca ini mempunyai kedalam 15 meter dan jarak pandang penyelam terbatas hanya 1-2 meter saja sehingga tidak mudah dalam pencarian.

Di tempat berbeda Komadan Kompi 3 Batalyon A Pelopor AKP Sriyanto saat di konfirmasi mengatakan “Dalam Upaya Pencarian Korban Tenggelam Tim SAR Kompi 3 Batalyon A Pelopor terus Berupaya semaksimal mungkin, agar korban segera di temukan”, Imbuhnya.

Sementara itu Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., yang di hubungi melalui telepon mengatakan, “Anggota Tim SAR Sat Brimob Polda Jabar yang di terjunkan guna membantu pencarian korban yang tenggelam di danau situ Cileunca di bantu beberapa potensi SAR lainnya terus melakukan upaya agar korban dapat di temukan”, pungkasnya.

Perlu di ketahui Ada informasi dari warga sekira pukul 02.25 WIB bahwa mayat korban telah di temukan oleh masyarakat yang sedang melakukan pencarian menggunakan senter di tepian danau, setelah mengecek objek yang mengambang tersebut ternyata benar mayat korban tenggelam.

Warga masyarakat, SAR Sat Brimob Polda Jabar dan Potensi SAR lainnya langsung mengevakuasi ke dalam kantong jenazah kemudian di bawa langsung kerumah duka yang berada di Kampung Pulo Sari RT 002/15 Desa PuloSari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung.
(Humas, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button