Tak Berkategori

Tingkatkan Kemampuan Wartawan, FWLJ Kembali Gelar Orientasi Kewartawanan

SEMARANG, suaraindependentnews.id – Sebagai upaya peningkatan kemampuan wartawan, Forum Wartawan Lokal Jateng (FWLJ) bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah berencana akan kembali menggelar orientasi kewartawanan pada 5 Maret 2022 mendatang.

Bertempat di Kota Semarang, kegiatan tersebut akan diikuti oleh sejumlah wartawan yang berasal dari beberapa daerah Kota/Kabupaten di Jawa Tengah.

Menurut koordinator FWLJ, A. Hadi Wibowo, ada juga beberapa wartawan dari luar Jawa Tengah, yang menghubunginya melalui telepon untuk bisa mengikuti orientasi Kewartawanan ini. Tapi dengan bijak disampaikan, bahwa biasanya masing-masing kepengurusan PWI Provinsi memiliki program tersebut, disarankan untuk bisa menghubungi kepengurusan PWI di daerahnya.

“Ada beberapa wartawan dari Sulawesi, Jawa Timur, Sumatera dan daerah lain antusias untuk bisa ikut orientasi ini. Ya tapi Saya sampaikan, agar menghubungi PWI di daerahnya masing-masing. Karena ke depan bisa muncul masalah jika ada peserta lintas provinsi”, jelasnya kepada awak media, usai memastikan tempat penyelenggaraan orientasi wartawan di Semarang, Jum’at (25/2/2022).

Sebab kartu biru PWI itu, lanjutnya, yang mengeluarkan adalah PWI di masing-masing kepengurusan Provinsi, sebelum nantinya memiliki kartu PWI biasa dari PWI Pusat.

“Jadi saat berbincang melalui telepon saya jelaskan seperti itu, Alhamdulillah teman-teman wartawan bisa memahami dan menerima penjelasan saya”, ujar Bowo, sapaan akrab koordinator FWLJ yang baru ini.

Terima kartu anggota PWI, dalam orientasi kewartawanan tersebut, disampaikan pula oleh Bowo, jika nantinya dinyatakan layak, maka peserta yang mengikuti dari awal hingga akhir kegiatan tersebut, dapat memperoleh kartu anggota muda PWI.

“Selain memperoleh kartu anggota muda PWI Jateng, teman-teman wartawan yang telah mengikuti juga akan memperoleh Sertifikat, telah mengikuti orientasi kewartawanan dari PWI Jateng juga”, imbuhnya.

Dijelaskan pula bahwa untuk bisa mengikuti orientasi kewartawanan tersebut, teman-teman wartawan harus menyiapkan beberapa persyaratan, yaitu copy KTP, ID Card Wartawan, Legalitas perusahaan persnya, surat keterangan dari perusahaannya dan mengisi pula beberapa formulir pernyataan dan permohonan untuk bisa mengikuti orientasi kewartawanan itu.

“Dengan teman-teman wartawan mengikuti orientasi kewartawanan ini, diharapkan dapat memperoleh manfaat dan dapat meningkatkan kualitas kewartawanannya menjadi lebih baik, agar nantinya juga bisa meningkat untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW)”, harap Koordinator FWLJ yang energik ini mengakhiri.
(Andi. K/Tim, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button