HUKUM & HAM

Untuk Menghindari” Paket Proyek di Arah kan” Peran Kontrol Masyarakat Sangat di Harapkan

Sejalan dengan telah bergulirnya proses pelelangan elektronik atas kegiatan tahun anggaran 2019 Kabupaten Kotawaringin barat, yang bisa di simak melalui situs resmi Unit Layanan Pengadaan (ULP) telah memberi peluang secara terbuka dan transparan bagi penyedia jasa untuk ikut menawar dan mengikuti proses pelelangan pekerjaan.ungkap Ibram Alpandi SH kordinator Umum BCW .Rabu 26/6

Terangnya dalam pantauannya untuk sampai saat ini perjalanan proses pelelangan banyak yang sudah dalam tahap pengumuman pemenang maupun yang sudah teken kontrak bahkan banyak juga yang sudah pada tahap mengerjakan pisik.
Diakui oleh Ibram  dirinya selaku kontrol dari masyarakat untuk Unit Layanan Pengadaan  Kobar selaku instrumen pelayanan proses lelang .harapnya bisa berjalan sesuai amanat Peraturan President (Pepres) nomor 54 tahun 2010 dan aturan lainnya terkait pelelangan yang pada intinya
untuk memberikan arah pertumbuhan dan perkembangan Jasa Konstruksi, mewujudkan struktur usaha yang kokoh, handal, berdaya saing tinggi, menghasilkan jasa konstruksi yang berkualitas, mewujudkan ketertiban penyelenggaraan Jasa Konstruksi yang menjamin kesetaraan kedudukan pengguna dan Penyedia Jasa, meningkatkan kepatuhan pada peraturan perundang-undangan, mewujudkan peningkatan partisipasi masyarakat di bidang Jasa Konstruksi .

” Selama ini selentingan beredar ada beberapa paket proyek yang diduga diarahkan .maka untuk menghindari itu hendaknya pengawasan itu perlu ditingkat kan dari peran serta masyarakat”ungkap Ibram .

ujarnya kenapa dalam hal ini perlu ditingkatkan pengawasan itu, karena akan berdampak pada kerugian Negara.misalkan jika peserta lelang tersebut dapat memasukan harga penawaran tidak memberikan keuntungan pada negara.padahal pada perinshipmya pengadaan barang dan jasa itu cara pemerintah berbelanja negara dapat keuntungan .terutama dari selisih harga penawaran ucapnya pada wartawan .

sementara menurut rekanan yang enggan disebutkan jati dirinya. terkait adanya paket proyek yang diduga beredar informasi untuk diduga  diarahkan nampak nya diKabupaten Kotawaringin Barat bukan rahasia umum lagi akan tetapi susah untuk membuktikannya .katanya tinggal peran kontrol wartawan dan masyarakat untuk memantaunya . (Taufik Hidayat)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button