Tak Berkategori

Upaya Pemerintah Desa Sedong Kidul Dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Lewat Kegiatan Ternak Domba.

Cirebon, suaraindependentnews.id | Desa Sedong Kidul Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon pada tahun 2023, melakukan upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan melalui kegiatan ternak domba. Hal ini dilakukan sebagai langkah strategis untuk mengatasi ketidakstabilan harga bahan pangan dan meningkatkan kemandirian pangan di desa tersebut.

“Kami memilih ternak domba karena potensi yang cukup besar dalam hal produktivitas dan adaptasi dengan lingkungan di desa kami. Selain itu, domba juga memiliki permintaan pasar yang stabil sehingga dapat meningkatkan pendapatan warga desa,” ujar Jono Kuwu Desa Sedong Kidul.

Melalui program ini, peternak domba disediakan lahan oleh Pemdes Sedong Kidul seluas 250 bata di blok Bulak Pondo dekat lapangan sepak bola serta bantuan lainnya untuk membuka usaha ternak domba. Dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan dapat mempermudah warga desa dalam memulai usaha ternak domba,

Jono selaku Kuwu Sedong Kidul berharap, melalui program ini, Desa Sedong Kidul dapat menjadi desa mandiri pangan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakatnya sendiri serta menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam meningkatkan ketahanan pangan melalui sektor peternakan, Kamis (25/5/2023)

Alhamdulillah, kawasan ternak domba sampai saat ini sudah dikelolah oleh kurang lebih 30 warga peternak, dan dimungkinkan bakal bisa bertambah. Kuwu Jono sangat berharap dukungan dan kerjasama dari masyarakat dan lembaga seperti BPD untuk mensukseskan program dari Pemdes Sedong Kidul, pungkas Kuwu Jono. (Kabiro)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button