Tak Berkategori

Ustadzah Janati, Lc., M.H. Pengasuh Pesantren AFMI dan Pesantren Tunas Cendekia Diwisuda Meraih Gelar Magister Hukum di IAIN SNJ Cirebon


Cirebon, suaraindependentnews.id | Tokoh yang selalu jadi cerminan perempuan di Indonesia adalah R. A Kartini, beliau dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan di nusantara. R. A Kartini dalam perjuangannya banyak mengajarkan kepada kaum perempuan tentang kesetaraan hak yang sampai saat ini terus dilakukan oleh para perempuan sebagai wujud emansipasi wanita dimana para perempuan berusaha membuktikan bahwa mereka layak menempati posisi yang biasa ditempati oleh kaum laki-laki.

Yang membuat Kartini melegenda dan menjadi panutan para perempuan masa kini adalah pemikiran-pemikirannya melalui tulisan yang ia kirimkan berisi tentang hal-hal yang dianggap oleh Kartini menghambat kemajuan perempuan. Ia ingin perempuan juga berhak memiliki kebebasan menuntut ilmu dan belajar setinggi-tingginya.

Di kalangan pesantren mulai bermunculan tokoh-tokoh perempuan yang mencurahkan tenaga, hati dan pikirannya untuk perjuangan umat sama seperti kaum laki-laki. Ada yang berperan di dunia politik, berperan di bidang ekonomi, pekerja sosial, seni dan budaya, hukum dan pendidikan. Di pesantren, perempuan berperan aktif untuk mengembangkan dan membesrakan pesantrennya bersama sang suami.

Di Pesantren Tunas Cendekia Babakan Ciwaringin ada sosok perempuan bernama Ustadzah Janati, Lc., M.H. yang kebetulan isteri dari Kyai Ulinuha, Lc., Dipl. Ketua Yayasan Bhakti Miftahul Ilmi Babakan Ciwaringin. Ustadzah Janati juga merupakan Pengasuh Pondok Pesantren AFMI Babakan Ciwaringin.

Dalam kesibukan kesehariannya disamping sibuk mengurusi keluarga, aktif mengajar di beberapa lembaga pendidikan seperti: SMP Pesantren, MA dan MTsTerpadu Tunas Cendekia. Aktif juga mengelola pesantren bersama sang suami yaitu Pesantren AFMI dan Pesantren Tunas Cendekia.

Dari pernikahannya dengan Kyai Ulinuha, Lc., Dipl. Dikaruniai 2 orang anak, Ahmad Affan Al-Affan dan Ashadiyah Zayyan Sinin. Ustadzah Janati dilahirkan di Aceh Utara, 10 Agustus 1989. Ia memiliki riwayat pendidikan hingga lulus tingkat SMA di Aceh. Selepas lulus sekolah melanjutkan kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir. Di Mesir inilah pertemuan dengan Kyai Uli dengan Ustadzah Janati hingga bahtera pernikahan dan menetap di Babakan Ciwaringin membantu mengembangkan pesantren milik keluarga.

Ustadzah Janati, Lc., M.H. melanjutkan kuliah S2 di IAIN SNJ Cirebon di support oleh Yayasan Bhakti Miftahul Ilmi mengambil Jurusan Hukum menginspirasi agar guru-guru dan civitas Madrasah Terpadu Tunas Cendekia bisa meraih pendidikan setinggi-tingginya, karena manusia membutuhkan pendidikan sebagai sarana untuk memberdayakan potensi sumber yang ada dalam dirinya untuk berkembang seara dinamis menuju suatu format kepribadian yang cerdas, unggul, kreatif, trampil dan bertanggung jawab dan berakhlakul karimah.

Sebagai ungkapan bahagia, kami dari seluruh Civitas Pondok Pesantren Tunas Cendekia Babakan Ciwaringin Cirebon, mengucapkan “Selamat dan Sukses kepada Ustadzah Janati, Lc., M.H. Kartini Tunas Cendekia atas diraihnya gelar Magister Hukum di IAIN Syekh Nur Jati Cirebon . Semoga ilmunya bermanfaat untuk semua. Tetaplah berjuang untuk selalu menjadi kebanggan Tunas Cendekia”. (Kabiro)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button