Pemerintahan

Wabup Nias Barat Pimpin FGD Penyusunan Awal RPJMD Tahun 2021-2026

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID
Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era-Era Hia, MM., M.Si., pimpin Pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026, Bertempat di Ruang Afo Bappeda Kabupaten Nias Barat – Onolimbu, Sumatera Utara. Jumat (21/05/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Mantan Wakil Bupati Nias Barat pertama Hermit Hia sebagai Narasumber, Sekretaris Daerah Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Si., Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Perangkat Daerah dan jajarannya.

Wakil Bupati Nias Barat alam arahannya menyampaikan bahwa, FGD yang dilaksanakan mulai pada hari ini merupakan tahapan dalam penyusunan rancangan awal RPJMD sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, untuk mengidentifikasi dan menyepakati permasalahan serta mempertajam penjabaran visi, misi, tujuan, sasaran, indikator dan program prioritas sesuai Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Pada pelaksanaan FGD ini, Wakil Bupati Nias Barat menekankan hal ini sebagaimana tertuang dalam Misi kami yang Pertama, yakni Membangun Sistem Manajemen Pemerintahan Daerah Yang Baik, Transparan, Profesional, dan Bersih Dari Suap / Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dan Misi Ketiga, yaitu Meningkatkan Kualitas Pelayanan Diseluruh Aspek Kehidupan Masyarakat.
“Selain misi yang pertama dan ketiga, peningkatan kualitas pelayanan publik juga tercermin dalam Misi Kedua, yaitu Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Keuangan Daerah Serta Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).”

Selanjutnya, selain efektivitas dan efisiensi Pengelolaan Keuangan Daerah, peningkatan PAD Kabupaten Nias Barat menjadi fokus utama dalam Misi Kedua. Salah satu Program Prioritas kami dalam upaya peningkatan PAD ini adalah dengan bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPD) untuk memfasilitasi pengurusan Sertifikat Tanah bagi masyarakat sehingga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menjadi salah satu sumber utama PAD Kabupaten Nias Barat, demikian halnya dengan rumah makan/resto/café, hotel penginapan yang ada di Kabupaten Nias Barat.

Ia juga memberitahu bahwa, dalam mewujudkan Visi Misi kami Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat, kami telah menjabarkannya menjadi 23 Program Prioritas. Selanjutnya 23 Program Prioritas tersebut dijabarkan ke dalam Program dan Sub Kegiatan dengan mempedomani Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 dengan memperhatikan isu-isu strategis, sasaran pembangunan dan indikator kinerja program/indikator kinerja daerah sebagai tolak ukur keberhasilan program.

Melalui pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) saat ini, kita jadikan sebagai wadah dalam menyatukan pikiran, ide dan kesepakatan bersama dalam merumuskan tujuan, sasaran, indikator dan Program Prioritas pembangunan daerah per urusan pemerintahan yang selanjutnya menjadi bahan dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026.

Diakhir arahannya beliau menghimbau kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk turut berpartisipasi dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026, salah satunya dengan menyusun Dokumen Renstra Perangkat Daerah, menyediakan data-data capaian indikator kinerja program yang diminta oleh Bappeda, yang selanjutnya digunakan sebagai bahan dalam penyusunan RPJMD dimaksud. (FL/AA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button