PENDIDIKAN

Wabup Nias Hadiri Sosialisasi Pendidikan Politik Kepada Masyarakat Kabupaten Nias.

NIAS, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH membuka secara resmi Pendidikan politik untuk masyarakat Kabupaten Nias yang berada di Kecamatan Gido dan Ma’u digelar Pemerintah Kabupaten Nias melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias, bertempat di gedung serbaguna Kecamatan Gido  Kabupaten Nias  Sumatera Utara, Selasa (02/03).

Sebagai narasumber pada kegiatan Pendidikan Politik tersebut yakni, Wakil Bupati dengan topik “Pentingnya Pendidikan Politik” dan narasumber lainnya yakni, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Sabayuti Gulo, dengan topik “Etika dan Budaya Politik”.

Dalam laporannya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias AHD. Darwis Zendrato, S.Sos menampaikan bahwa, kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat dapat memahami politik yang sesungguhnya.

Juga pelaksanaan pendidikan politik kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Nias dibagi dalam 5 (lima) lokasi yang jumlah keseluruhan pesertanya sebanyak 850 orang dan hari pertama dilaksanakan di gedung serbagana Kecamatan Gido yang terdiri 2 (dua) kecamatan yakni Ma’u dan Gido dengan jumlah peserta 150 orang dengan mematuhi protokol kesehatan harap Darwis.

Sementara Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu, SH, MH dalam arahannya mengatakan bahwa pendidikan politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban dan tanggungjawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Masyarakat saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa sistem politik itu bukan urusan mereka melainkan urusan Pemerintah, sehingga masyarakat masih ada yang percaya terhadap janji-janji manis, dan dalam realitanya atau penerapannya tidak sesuai dengan yang telah dijanjikan ketika sudah berhasil duduk, bahkan yang paling memprihatinkan bila ada perilaku masyarakat baru mau mengikuti sistem politik apabila dibarengi dengan pemberian upeti atau gizi politik,” Ujar Arosokhi

Di akhir katanya Wakil Bupati Nias menghimbau masyarakat Kabupaten Nias untuk menjadi masyarakat yang berkualitas dengan membuka akses secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan kepada masyarakat sehingga meningkatkan potensi untuk bisa berpartisipasi dalam berpolitik yang positif ucap Wabup Nias. (FL/Aa)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button