Peristiwa

Sosialisasi Saber Pungli Di Gelar Di Nias Barat

Di Nias Barat Juga Akan Diturunkan Tim Intelijen Untuk Menindak Para Pelaku Pungli

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEW.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Barat gelar sosialisasi satuan tugas sapu bersih pungutan liar yang dibuka secara resmi oleh  Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era-Era Hia, MM., M.Si, bertempat di Aula Soguna Ba Zato, Onolimbu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Jumat (18/06).

Wakil Bupati Nias Barat dalam arahannya menyampaikan bahwa, Pelaksanaan Sosialisasi ini bertujuan untuk menghindari/mencegah kita melakukan pungutan liar dalam bentuk apapun.

Sebagaimana amanat dari Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Sapu  Bersih Pungutan Liar bahwa Kementrian/Lembaga dan Daerah wajib melaksanakan pemberantasan pungutan liar dilingkungan kerja masing-masing. Sosialisasi ini sangat penting mengingat masalah pungutan liar telah menjadi masalah nasional yang sangat memerlukan perhatian khusus. Ujar Bupati

Untuk itu kepada seluruh instansi dan stakeholder yang hadir pada Sosialisasi ini, saya berharap agar kita dapat meningkatkan etos kerja sekaligus membangun budaya baru dalam pelayanan publik serta menekankan agar jangan mencederai kepercayaan masyarakat dengan merusak citra pemerintah melalui praktek pungutan Iiar. Saya tegaskan bagi siapa saja oknum yang melakukan praktek pungutan liar baik dalam bentuk apapun, segera laporkan kepada Tim Satgas Saber Pungli. Saya ingatkan pada Perangkat Daerah yang sering berhubungan dengan pengurusan berkas masyarakat/pelayanan publik, agar hati-hati dalam melaksanakan pekerjaan jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat menjerat saudara semua.

Keberadaan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar ini sangat membantu kita untuk memperkecil/mencegah praktek pungutan liar pada semua urusan dan kepentingan kepada para pemangku jabatan yang tidak bertanggungjawab. Untuk itu, saya sangat mengharapkan kepada Satgas Saber Pungli di Tingkat Kabupaten Nias Barat agar dapat bekerja secara profesional.

Saya bersama Bupati Nias Barat sangat mengharapkan antusias Bapak/lbu dan para stakeholder beserta masyarakat Nias Barat agar dapat bekerjasama dengan Satgas Saber Pungli dalam mencegah pungutan yang dapat merugikan kita. Melalui pelaksanaan Sosialisasi ini saya menghimbau agar kita semua benar-benar menghindari dan menjauhi yang namanya Pungutan Liar. Hanya dengan kerjasama dan kepedulian bersama, pencegahan pungutan liar ini dapat terminimalisasikan dengan harapan dapat mewujudkan Nias Barat Soguna Ba Zato (BERGUNA UNTUK SEMUA-Red).

Sementara itu Pada pemaparan materi oleh Waka Polres Nias menyampaikan Pungutan liar adalah pengenaan biaya atau pungutan ditempat yang seharusnya tidak ada biaya sehingga dapat diartikan memungut biaya atau meminta uang secara paksa oleh seseorang kepada pihak lain dan hal tersebut merupakan praktek kejahatan.

Saber pungli berlaku terhadap instansi dan lembaga baik pemerintah atau swasta, baik lingkup pekerjaan maupun dalam lingkup keluarga. Hal ini merupakan instruksi dari Presiden. Terhadap masalah pungutan liar maka diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, di Nias Barat juga akan diturunkan Tim Intelijen untuk menindak para pelaku pungli ucap  Pak Waka Polres Nias. (Aa WAHYU)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button