KODAM III/SLW-MABES TNI

Satgas Yonif 310/KK Tangkap Terduga Pelaku Perusakan Perum Disdik Kabupaten Pegunungan Bintang

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Satgas Yonif 310/Kidang Kancana tangkap 2 orang berinisial MU (26) dan KK (15) diduga pelaku perusakan dan percobaan pembakaran Perumahan Dinas Pendidikan Kabupaten Pegunungan Bintang serta evakuasi 8 ASN dan 1 anak.

Hal tersebut dikatakan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang dalam rilis tertulisnya, Selasa 3 Oktober 2023.

Pasca Operasi Gabungan TNI-Polri yang menewaskan 5 orang KST di Kampung Medusit Distrik Serambakon, aksi teror yang dilakukan KST meningkat. Beberapa teror mengganggu stabilitas keamanan di wilayah Pegunungan Bintang, salah satunya adalah aksi pembakaran dan perusakan Kantor Pemerintahan, Puskesmas dan Sekolah.

Dansatgas menjelaskan penangkapan bermula dari laporan salah satu korban pembakaran melalui telepon seluler bahwa dirinya mendapat ancaman berupa teriakan dan perusakan rumah serta pelemparan batu ke kaca jendela dan mengacak-acak isi rumah hingga percobaan pembakaran.

“Mendapat laporan tersebut kami langsung bertindak cepat dan perintahkan Pasi (Perwira Seksi) Intel segera menyiapkan 1 tim untuk menuju ke lokasi”, jelas Dansatgas.

Tanpa menungga lama personel Satgas langsung diluncur ke TKP dipimpin langsung oleh Pasi Intel Yonif 310/KK Letda Inf M. Ramdani beserta 11 orang anggotanya.

“Saat tiba dilokasi, didapati 2 orang sedang melakukan perusakan dan mencoba melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor miliknya. Tak butuh waktu lama kedua pelaku berhasil dibekuk dan diamankan oleh personel Satgas”, jelas Dansatgas.

Personel Satgas selanjutnya melakukan pengecekan terhadap rumdis yang kondisinya kaca jendela rumah pecah, kondisi rumah dalam keadaan terhambur, dinding rumah yang terbuat dari seng dijebol, pintu rumah rusak dan dijebol, pemutusan saluran pipa air dan kompor minyak ditumpahkan dengan indikasi pelaku akan melakukan pembakaran.

Selain mengecek kondisi rumdis, personel Satgas pun mengevakuasi 9 orang korban yang berada didalam rumah terkunci karena ketakutan dan merasa terancam keselamatannya.

Pelaku dan korban berhasil diamankan di Makotis (Markas Komando Taktis) Yonif 310/KK di Distrik Oksibil. Rencananya pelaku akan diserahkan kepada Polres Pegunungan Bintang untuk dilakukan penyelidikan dan proses hukum lebih lanjut.

“Ini merupakan jawaban bahwa Yonif 310/KK berkomitmen menjaga agar kota Oksibil tetap aman sehingga roda perekonomian, kantor pemerintahan dan aktifitas sekolah tetap berjalan dengan aman”, tutur Dansatgas. (Pendam III/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button