KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Kodim 0625/PND Tanam Bibit Pohon Mangrove Di Pesisir Barat Pantai Selatan Pangandaran

KODIM 0625/PND-KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Komandan Kodim 0625/Pangandaran Letnan Kolonel Arm Yusuf Andriyanto, S.E., yang diwakili Pasiter Kodim 0625/Pangandaran Lettu Inf Agus Purwadi melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon mangrove bertempat dilokasi Darmaga Pelabuhan Bojong Salawe Desa Karang Jaladri Kampung Jaladri Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, Jumat,14 April 2023.

Kegiatan penanaman pohon mangrove dipimpin langsung oleh Pasiter Kodim 0625/Pangandaran, disela-sela penanaman menyampaikan bahwa penanaman pohon mangrove menjadi sumber yang sangat penting untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat, untuk mencegah bencana alam.

Untuk itu, Kodim 0625/Pangandaran bersama LSM binaannya melaksanakan penanamam pohon bibit mangrove rencananya akan tanam sebanyak 1000 pohon, dan rencana penanaman akan dibagi 5 tahap. Tahap pertama sudah tanam sejumlah 125 pohon dengan persentase 12,5℅.

Salah satu tujuan penanaman mangrove ini adalah, untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan dan tumbuhan mangrove ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami.

Oleh karena itu, manfaat penanaman mangrove sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Selain itu, dengan diadakannya penanaman mangrove ini secara tidak langsung akan memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pantai dengan merawat tanaman mangrove tersebut. Kegiatan ini juga harus terus ditanamkan kepada generasi penerus atau generasi muda untuk turut serta berperan aktif dalam menjaga lingkungan yang akan mendukung kehidupan masyarakat dimasa mendatang.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya
Para prajurit jajaran Kodim 0625/Pnd, anggota FKPPI dan PPM (Penrem 062/TN, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button