KODIM 0612/TSM KOREM 062/TN

Kodim 0612/Tasikmalaya Gelar Sosialisasi Penanaman Jagung Di Lahan Tidur Desa Padawaras Cipatujah

KODIM 0612/TSM-KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Bertempat di Aula Bale Desa Padawaras Desa Padawaras Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya pada hari Rabu 21 Juni 2023, sekira pukul 10.10 WIB sampai dengan selesai, Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.IP melaksanakan Sosialisasi Penanaman Jagung dilahan tidur Desa Padawaras Kecamatan Cipatujah, dihadiri l.k 30 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf. Raden Henra Sukmadjidibrata, S.IP., Pasi Ter Kodim 0612/Tasikmalaya Lettu Caj. Yedi Triyadi., Danramil Cipatujah Kapten Inf Ahmad Soleh., Danramil Rajapolah Kapten Czi. Rohadi., Kepala Desa padawaras Yayan Siswandi, SE., Wakil Ketua BPD Gunawan., dan Perwakilan Masyarakat Calon Penggarap.

Danramil 1225/Cipatujah Kapten Inf Abdul Saleh mengatakan, “Bentuk kegiatan semua sudah disiapkan dan diwadahi, masyarakat tidak usah bingung karena ada perusahaan yang siap menampung, Masyarakat hanya tinggal menanam saja, bibit dan yang akan menampung sudah siap”, ungkapnya.

Penyampaian Pasi Ter Kodim 0612/Tasikmalaya Lettu Caj Yedi Triyadi, “Program yang kami bawa yaitu ketahanan pangan dengan menanam jagung pada lahan tidur di Desa Padawaras, Tanah yang akan digarap yaitu lahan pribadi, pupuk didukung oleh Kodam yaitu Bios 44, bibit didukung oleh PT. Arya dan untuk penjualan diterima oleh PT. Spasi, PT. Spasi bukan hanya menampung jagung saja tetapi juga jahe gajah atau pun komoditi lainnya termasuk, Tanggal 23 dari PT Arya akan membawa sampel tanah di lokasi yang akan dijadikan lahan penanaman jagung untuk dibawa ke laboratorium, Alat traktor dll akan didukung oleh Kodim jadi lahan yang 5 Ha digarap oleh 25 orang, harus bisa selesai cepat, Hal-hal lain bisa dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan Danramil, Rencana untuk mengurangi beban petani, Kodim akan membuat Sprint untuk menurunkan anggota koramil  wilayah terdekat 5 orang per hari”, tuturnya.

Bati Ter Kodim 0612/Tasikmalaya Serma Yudha, “Program Kodam III/Slw dalam bidang ketahanan pangan diarahkan ke Koramil Cipatujah, Kodam akan memberikan bibit, pupuk dan pestisida, Kendala yang dihadapi di Padawaras adalah masalah air dan kami sudah mengajukan untuk penyediaan torn 1 per Ha, Sistem penanaman dan pengelolaan lahan bisa dikerjakan atau dimulai dari hari besok, Jum’at akan ada tim yang datang untuk menguji tanah baik ph atau pun kadar lainnya yang terkandung dalam tanah agar penentuan pupuk bisa tepat sasaran”, ujarnya.

Danramil Rajapolah Kapten Czi. Rohadi, “Kita niatkan dengan ikhlas untuk menanam jagung jangan berfikir dulu panen, Kemudian daerah ini pernah ada program cetak sawah yang perlu ditindaklanjuti dengan memastikan batas tanah masing-masing dan mohon pihak Desa membantu untuk pemetaan lahannya, Berharap lahan yang akan kita garap clear dan clean dari gulma dan pohon-pohon besar”, paparnya.

Pada kesempatan tersebut Dandim 0612/Tasikmalaya menyampaikan ucapan “Terima kasih Bapak/Ibu mau hadir untuk percobaan ketahanan pangan yang merupakan program Provinsi Jabar, semoga berhasil, Apabila ada masalah silahkan Bapak/Ibu berkoordinasi dengan Koramil dan apabila tidak bisa ditangani oleh Koramil maka kita dari Kodim akan turun, Banyak program yang harus dilaksanakan di Desa Padawaras ini salah satunya pembangunan jembatan dan jalan, Kondisi Kabupaten Tasikmalaya berbeda dengan daerah lain karena PAD-nya kecil hanya l.k 98M sehingga tidak mencukupi untuk program pembangunan”, ucap Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata.

“Dalam kondisi damai tentara hanya memiliki 2 fungsi yaitu perang dan non perang, Kami sudah menyampaikan permasalahan infrastruktur yang terjadi di Kabupaten Tasikmalaya, dimana Kabupaten Tasikmalaya hanya mengandalkan support anggaran dari APBN dan APBD Provinsi, Dukungan yang diberikan dari Kodim yaitu bibit, pupuk dan pengolahan lahan termasuk saat panen nanti saat penjualan hasil panen, Salah satu peran kita dalam membantu Pemda yaitu dengan program ketahanan pangan dan kenapa Tentara melaksanakan program tersebut? Karena masyarakat harus kenyang karena apabila masyarakat lapar akan menimbulkan konflik sosial”, tutup Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.IP.

Acara dilanjut dengan Penyerahan Paket Sembako dan Peninjauan lapangan. Selama kegiatan berjalan aman dan lancar. (Pendim 0612/Tasikmalaya, editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button