DEKLARASI PEMILU DAMAIKomisi pemilihan umumPELANTIKAN

Kristinus Ilham Lantik 96 Orang PTPS Kecamatan Lembang Jaya, Berikut Nama Nama Yang Lolos Seleksi 

Kristinus Ilham, Ketua Panwascam Lembang Jaya Lantik 96 orang Pengawas TPS di gedung serbaguna, Senin (22/1)

Senin, 12 Januari 2024

Kab Solok, Suaraindependent.idPelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Se-Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok diselenggarakan. Sejumlah tahapan seleksi digelar Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Lembang Jaya. Dari 135 orang yang mendaftar, sebanyak 96 orang akhirnya dikukuhkan.

Sebanyak 39 orang calon anggota Pengawas TPS Kecamatan Lembang Jaya dari 135 orang yang mendaftar akhirnya gugur dalam tahapan seleksi. Dari 6 Desa/ Nagari yang ada di Kecamatan Lembang Jaya, sesuai dengan jumlah TPS yang ada, sebanyak 96 orang pengawas TPS diambil sumpah jabatannya di Gedung Serba Guna, Senin (22/1).

Kristinus Ilham, Ketua Panwascam Lembang Jaya mengatakan, sesuai dengan Keputusan Ketua Panwascam Lembang Jaya Kabupaten Solok Nomor: 001/KP.04.00/K.KS-04/1/2024 Tentang Penetapan Pengawas TPS Kecamatan Lembang Jaya, mengesahkan nama-nama Pengawas TPS di Wilayah Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok pada Pemilu Tahun 2024

Disebutkannya, sebagaimana Diktum PERTAMA, masa tugas Pengawas TPS dimulai sejak 22 Januari 2024 sampai dengan 22 Februari 2024, Keputusan Panitia Panwascam Lembang Jaya ini berlaku sejak saat pengucapan sumpah/ janji sebagaimana dimaksud dalam Diktum PERTAMA, ucap Kristinus Ilham.

Dalam kesempatan itu, Edy Sofyan yang mewakili Bawaslu Kabupaten Solok turut mengucapkan selamat kepada seluruh Pengawas TPS se Kecamatan Lembang Jaya yang dilantik

Ia menyebutkan, pesta demokrasi akan digelar tidak lama lagi, perekrutan anggota Pengawas TPS ini merupakan bahagian dari tahapan pelaksanaan pemilu. Maka dari itu, seluruh Pengawas TPS di seluruh Kabupaten Solok hari ini dilantik dan diberikan pembekalan bimbingan teknis terkait penyelenggaraan pemilu. Kita berharap kepada Pengawas TPS agar memahami PKPU Nomor 25 tahun 2023, ujarnya.

Edy mengatakan, Pengawas TPS itu merupakan ujung tombak dari pengawasan pemilu, sebelum menjalankan tugas-tugasnya sebagai pengawasan, Pengawas TPS tersebut diharapkan berkoordinasi dengan PKD, Panwascam serta KPPS untuk memastikan logistik Pemilu di TPS nya masing-masing

“Kami berharap kepada pengawas TPS agar memahami aturan-aturan, baik itu undang-undang, PKPU, Perbawaslu dan aturan-aturan lain yang berkaitan dengan pemilu”

Lebih lanjut edy Sofyan menyebutkan, Seorang penyelenggara pemilu itu wajib memiliki integritas. Hal itu menjadi penting, sebab merupakan salah satu tolak ukur terciptanya pemilu demokratis. Unsur unsur dari penyelenggara pemilu itu adalah jujur, transparan, akuntabel, cermat dan akurat dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya, tutur Edy.

Dari 96 orang Pengawas TPS yang dilantik tersebut, terdapat 1 orang Pengawas TPS 28 Nagari Koto Gadang Koto Anau yang tidak hadir mengikuti pelantikan dikarenakan sakit.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Bawaslu Kabupaten Solok yang diwakili, Camat Lembang Jaya, Danramil Lembang Jaya, Polsek Lembang Jaya, PPK Lembang Jaya, Wali Nagari Se Kecamatan Lembang Jaya, Ketua PPS Se- Kecamatan Lembang jaya. (Billy@nsi-id)

Berikut nama nama Pengawas TPS per Kelurahan/Desa yang dilantik hari ini ;

1. Kelurahan/Desa Koto Gadang Koto Anau 28 orang

2. Kelurahan/Desa Batu Banyak 7 orang

Kelurahan/Desa Limau Lunggo 10 orang

Kelurahan/Desa Koto Laweh 18 orang

Kelurahan/Desa Selayo Tanang Bukit Sileh 17 orang

Kelurahan/Desa Batu Bajanjang 16 orang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button