KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Korem 062/TN Memperingati Nuzulul Quran 1444 Hijriyah/2023 Masehi

KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Korem 062/Tn memperingati Nuzulul Qur’an 1444 Hijriyah/2023 Masehi yang diikuti oleh Prajurit dan PNS Jajaran Korem 062/Tn beserta Persit KCK Koorcabrem 062 bertempat di Masjid Baiturrahim Makorem 062/Tn, Rabu 12 April 2023.

Kegiatan diawali pembacan ayat Suci Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 185-186
Oleh Sertu Didin Bustaman,
dilanjutkan sholawat.

Selanjutnya, sambutan Danrem 062/Tn menyampaikan memperingati Nuzulul Qur’an sebagai momentum untuk mengingat kembali peristiwa penting sejarah turunnya Al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan pedoman hidup yang harus diimani dan diyakini oleh setiap muslim, sehingga dapat memotivasi kita dalam pengamalan kehidupan sehari-hari.

Disamping itu, peringatan Nuzulul Qur’an merupakan salah satu upaya Komando mengisi kegiatan keagamaan di Bulan Suci Ramadhan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita, serta untuk menimba ilmu agama, sehingga amaliyah ibadah yang kita laksanakan lebih bermakna dan berkualitas, sesuai dengan petunjuk dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Sudah seharusnya Al-Quran kita jadikan sebagai pedoman dan tuntunan dalam menerapkan ajaran islam sesuai ayat-ayat yang terkandung didalamnya.

Peringatan Nuzulul Qur’an kali ini mengangkat tema yaitu “memaknai ibadah puasa ramadhan untuk meningkatkan disiplin diri dan etos kerja prajurit TNI AD”.

Tema tersebut, saya berharap kepada para Prajurit dan PNS Korem 062/Tn beserta jajarannya harus meng-implementasikan dalam kehidupan prajurit sehari-hari, guna meningkatkan disiplin dan etos kerja di satuannya.

Kemudian tausiyah uraian hikmah peringatan Nuzulul Qur’an disampaikan Ustad Serka Ganda Priatna Sasmita, S.Pd., yang Intinya bulan Ramadhan adalah merupakan Madrasah Sekolah dimana di sekolah itu ada kurikulum, juga ada pelajaran-pelajarannya dan kurikulum dari bulan Ramadhan adalah ibadah puasa.

Adapun pelajaran dari ibadah puasa yang dapat kita ambil hikmahnya :

Pertama adalah makna dari atau pelajaran dari ibadah puasa adalah disiplin.

Kedua adalah kejujuran gimana kejujuran itu akan menghasilkan etos kerja yang baik sesuai dengan harapan dari komando atas.

Adapun proses turunnya AlQuran adalah dari Lailatul Mahfudz ke Baitul Izza diturunkan secara sekaligus. Kemudian dari Baitul Izza atau langit dunia diturunkan ke Baginda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sesuai dengan peristiwa atau kebutuhan Rasulullah SAW atau sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan/permasalahan- permasalahan yang dialami oleh rosul dan para sahabat.

Hadir pada acara tersebut diantaranya Ketua Persit KCK Koorcabrem 062 beserta pengurus, para Kasi, Dan/kasatbalak, para Prajurit dan PNS Jajaran Korem 062/Tn (Penrem 062/TN, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button