Seni Dan Budaya

Gelar Wayang Golek, Ketua Karang Taruna Wandasari ; Upaya Melestarikan Budaya Sunda

BOJONGGAMBIR-KABUPATEN TASIKMALAYA || suaraindependentnews.id – Bertempat di lapangan sepak bola Desa Wandasari Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya, Karang Taruna Wandasari menggelar nonton bareng (Nobar) Wayang Golek menampilkan dalang Ki Yogaswara Sunandar Sunarya, Sabtu 7 Oktober 2023 malam.

Ki Yogaswara Sunandar Sunarya yang tak lain anak dari mendiang dalang kondang Asep Sunandar Sunarya menyebut sosok Ganjar Pranowo mempunyai darah Sunda dari leluhurnya yang asli Galuh.

“Pak Ganjar itu cucu mantu salah satu pendiri NU, KH Hisyam, Pak GP punya perhatian yang sangat besar terhadap budaya, karena budaya adalah jatidiri bangsa. Jangan sampai bangsa ini kehilangan budayanya, karena akan hilang jatidirinya”, ujar dalang disela pagelaran dengan lakon Jenong Sasagon

Cerita yang dibawakan Ki Yogaswara berkisar tentang dunia para batara, yang di antaranya ada amanat tentang pola kehidupan yang dijalankan tokoh bernama Semar Badranaya. Pola hidup sederhana dan selalu bersyukur.

Dalam pagelaran ini juga ki dalang anom bercerita melalui cepot bahwa Ganjar Pranowo tak bisa dilepaskan dari organisasi islam dan pondok pesantren dan Ganjar Pranowo merupakan pria yang hidup dalam lingkungan yang berkecimpung dalam organisasi ataupun kegiatan keagamaan”, ujarnya.

“Jika melihat pada sosok istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh, ia adalah keturunan K.H. Hisyam Abdul Karim, yang merupakan ulama terkemuka di wilayah Jawa Tengah oleh karena itu Ganjar Pranowo adalah sosok yang sesuai dengan karakter orang sunda yaitu nyundan, nyantri dan nyakola”, katanya.

Sementara itu menurut Ketua Karang Taruna Badruzaman menyebut, acara yang digelar tersebut bertujuan untuk melestarikan budaya. Terlebih, wayang golek merupakan bagian dari pelestarian budaya Sunda.

“Diantaranya dalam upaya melestarikan budaya Sunda”, pungkasnya. ([email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button