KODAM III/SLW-MABES TNI

Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 bertempat di Lapangan Apel Makodam III/Slw, Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Minggu (01/10/2023).

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Adhe Hansen melalui rilis yang dikirimkan ke Sahabat Siliwangi, Senin 2 Oktober 2023.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengusung Tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” diikuti oleh para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI-AD jajaran Kodam III/Slw.

Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan Pangdam III/Slw menyampaikan Hari Kesaktian Pancasila adalah hari yang akan selalu mengingatkan kita tentang besarnya tekad dan pengorbanan para pahlawan bangsa, yang rela berkorban jiwa dan raga demi tegaknya ideologi dasar negara kita, Pancasila.

“Mari kita kenang jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan jiwa dan raga demi tegaknya Pancasila. Keteladan mereka harus senantiasa kita contoh dan kita ikuti, agar keanekaragaman bangsa Indonesia tetap terjaga di tengah gempuran arus globalisasi, kemajuan teknologi, dan politik identitas”, jelas Panglima.

Lebih lanjut Panglima menegaskan, TNI sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI. Oleh karena itu menjaga dan melindungi Pancasila adalah menjadi tugas bersama.

“Kita semua memiliki tanggung jawab yang besar untuk terus melestarikan, mempertahankan, dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tindakan dan sikap kita sehari-hari. Tanpa aksi nyata, mustahil Pancasila bisa tetap bertahan di bumi Nusantara”, tegas Panglima.

Pada kesempatan itu juga Pangdam III/Slw menyampaikan walaupun kita tidak mengalami tetapi pahami bahwa memang Pancasila itu menghadapi berbagai macam rongrongan bahkan sampai saat ini.

“Oleh karena itu kita sebagai garda terdepan dan Benteng terakhir dalam mengawal negara NKRI termasuk tetap tegaknya ideologi Pancasila”, ucap Pangdam.

Disamping itu akhlak yang akan membentuk karakter prajurit dan PNS menjadi garda terdepan dan benteng terakhir.

“Mudah-mudahan kita selalu diberi petunjuk, lindungan dan bimbingannya dari yang maha kuasa sehingga kita senantiasa diberi Kesehatan, kelancaran dan keberhasilan didalam melaksanakan tugas tidak hanya bagi diri kita juga bagi keluarga dalam menjalankan pengabdian kita kepada bangsa dan negara yang kita cintai”, tutur Pangdam.

Turut hadir dalam upacara Kasdam III Slw, Irdam III/Slw, Kapoksahli Pangdam III/Slw, Asrendam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dan/Kabalakdam III/Slw, Pa Lo AU dan AL. (Pendam III/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button