Tak Berkategori

PWO DWIPA Adakan Zoom Meeting Dengan Materi Teknologi Artificial Intelligence (AI) Hubungannya Dengan Pers.


Cirebon, suaraindependentnews.id | Dalam zoom meeting yang diadakan oleh (Perkumpulan Wartawan Online Dwipantara (PWO DWIPA) pada kali ini Senin (4/3) yang diikuti oleh sekitar 76 insan pers di seluruh Indonesia mengangkat materi tentang “Artificial Intelligence (AI) Hubungannya Dengan Pers” dengan Narasumber Laksda TNI (Purn) Purwanto, S.E., M.M., M.Si. (Han) yang merupakan Wakil Fak.Strategi UNHAN Purnawirawan TNI AL dan dipandu oleh Martha selaku moderator.

Dalam zoom meeting, Purwanto selaku narasumber menjelaskan terkait pentingnya Teknologi Artifical Intellegenci (AI) hubungannya dengan pers diantaranya bahwa AI ini dapat membantu presenter/pers dalam mendapatkan informasi sebagai bahan berita tanpa menggunakan unsur manusia, melainkan bisa memanfaatkan tehnologi AI.

Adapun untuk tahapan proses kerja teknologi AI, secara umum ada 4, yakni Pengumpulan Data, Pelatihan, Pengujian, dan Implementasi, jelas Puwanto.

Terkait tantangan dan resiko menggunakan teknologi AI, sesungguhnya etika merupakan faktor terpenting dalam pengembangan dan implementasi teknologi AI, tambahnya.

Dalam sesi tanya jawab tentang adanya beberapa kelebihan dan kekurangan AI dalam dunia pers, Purwanto juga menjelaskan diantara kelebihan AI adalah dapat meningkatkan produktivitas dalam dunia pers dalam menghasilkan sebuah berita. Sementara itu, salah satu kekurangan AI adalah hasil yang disajikan bisa berpotensi tidak akurat.

Sementara itu, dilansir dari what sapp peserta zoom meeting, selain antosias peserta sangat tinggi, juga materi pada zoom meeting tersebut sangat membantu cakrawala baru bagi insan pers. Berharap kegiatan zoom meeting yang diprakarsai PWO DWIPA bisa berjalan secara kontinyu dan berkesinambungan. (Kabiro)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button