KODAM III/SLW-MABES TNI

Kodam III/Siliwangi Gencarkan Demplot Fermentasi Kohe Dengan Bios 44 DC

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Pangdam III/Siliwangi diwakili Kasdam III/Slw Brigjen TNI Agus Saepul bersama Ketua Persit KCK Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto Arief Wibowo menggiatkan Demplot fermentasi kotoran hewan (Kohe) untuk mendukung program ketahanan pangan dengan Bios 44 DC Kodim 0613/Ciamis di Desa Cijeunjing Kecamatan Cijeunjing Kabupaten Ciamis, Senin 5 Juni 2023.

Pada kesempatan itu Kasdam III/Slw bersama Ketua Persit KCK Daerah III/Siliwangi dan rombongan menerima penjelasan tentang teknik pencampuran Bios 44 DC pada kotoran sapi oleh Kepala UPTD drh. Vidi Wulandari.

Kepala UPTD menerangkan, penerapan Bios 44 DC untuk kompos yaitu kotoran hewan (Kohe) sebanyak 0,5 ton dicampur dengan 110 ml Bios 44 DC yang dilarutkan kedalam air 1 liter kemudian difermentasikan selama 14 hari sebelum diaplikasikan ke kebun/tanaman rumput pakan hewan. Untuk hasil produksi pakan rumput mengalami peningkatan mencapai 40 % hingga 50 % sehingga dapat menggenjot produktifitas ternak Sapi.

Penerapan Bios 44 DC pada pakan ternak yaitu pakan ternak hijau 1 kg dicampur dengan 10 ml Bios 44 DC kemudian campuran tersebut diberikan kepada ternak sesuai ukuran hari sesuai pemberian normal.

Sedangkan penggunaan Bios 44 DC untuk pengawetan pakan ternak dengan cara mencampur Hijauan Pakan Ternak (HPT) 20 kg dengan 110 ml Bios 44 DC ditambahkan dedak 1 kg selanjutnya disimpan ke dalam wadah tertutup selama 7 hari sudah siap digunakan. Sedangkan jika tanpa Bios 44 DC berlangsung hingga 14 hari sampai 21 hari baru siap digunakan untuk pakan.

Pada kesempatan itu Ketua Persit KCK Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto Arief Wibowo memberikan Bantuan Sosial berupa sembako untuk pekerja di UPTD Balai Pembibitan dan Pengembangan Inseminasi Buatan Ternak Sapi Potong yang bukan Aparatur Sipil Negara.

Ketua Persit KCK Daerah III/Slw mengucapkan terima kasih
kepada Kepala UPTD dan jajaran Kodim 0613/Ciamis terkait upaya dalam memelihara sapi pasundan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan daging sapi di daerah Jawa Barat.

“Kami sangat bersyukur dapat memfasilitasi pemanfaatan Bios 44 DC untuk sapi pasundan. Semoga dapat meningkatkan produksi pakan dan menghasilkan sapi yang berkualitas”, ucap Ny. Mia Kunto.

Turut hadir dalam kegiatan Kapoksahli Pangdam III/Slw, Danrindam, Asrendam, para Asisten Kasdam, Dandenmadam, Kolonel Inf Hista Soleh Harahap, Kolonel Kav Eko Agus Nugroho, para Dan/Kabalakdam, Pa Lo AL dan AU, Dandenintel serta pengurus Persit KCK Daerah III/Siliwangi. (Pendam III/Siliwangi, editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button