KABAR DUNIA

Perang Asimetris Tidak Sama Dengan Senjata Asimetris

AS memiliki kebijakan yang salah tentang penjualan senjata ke Taiwan

TAIPEI, suaraindependentnews.id – Laporan terbaru yang keluar dari Gedung Putih, Departemen Luar Negeri (DOS), dan Departemen Pertahanan (DOD) menyatakan bahwa Taiwan harus memfokuskan pembelian senjata pada “senjata asimetris”. Artikel ini berpendapat bahwa dorongan saat ini oleh pemerintahan Biden, terutama di DOD dan DOS, untuk memaksa Taiwan mengejar “senjata asimetris” mencerminkan penilaian yang tidak akurat terhadap ancaman militer RRT terhadap Taiwan. Pemerintahan Biden berusaha membatasi ruang lingkup senjata yang dapat dibeli Taiwan, dan tanpa disadari sejalan dengan keinginan Partai Komunis Cina untuk melemahkan kemampuan Taiwan untuk mempertahankan diri.

Lalu… Apa itu “senjata asimetris” dan apa itu perang asimetris?

Latar belakang perang asimetris :
Perang asimetris didefinisikan sebagai perang antara pihak yang berperang yang kekuatan militer relatifnya berbeda secara signifikan, atau yang strategi atau taktiknya berbeda secara signifikan. Menggunakan atau mengancam menggunakan senjata nuklir terhadap negara non-nuklir adalah contoh perang asimetris

Perang asimetris juga dapat mencakup penggunaan cara non-militer untuk memaksa atau menurunkan kemampuan musuh untuk melakukan perang. Misalnya, AS dan Israel mampu menyusup malware “Stuxnet” ke lingkungan sentrifugal Iran, menyebabkan mereka lepas kendali dan menghancurkan diri mereka sendiri. Tindakan ini adalah contoh perang asimetris.

Contoh perang simetris adalah pertempuran kekuatan-ke-kekuatan khas yang terjadi di parit-parit di sepanjang perbatasan Prancis dan Jerman selama Perang Dunia I; kedua belah pihak menggunakan cara dan cara yang sama untuk mengejar kemenangan. Contoh perang asimetris selama Perang Dunia II adalah penggunaan “Blitzkrieg” alias “perang kilat” oleh Nazi, di mana militer Jerman menggabungkan kekuatan udara dan manuver darat yang cepat untuk menghancurkan musuh-musuh mereka. Nazi mengembangkan taktik Blitzkrieg sebelum Perang Dunia II ketika militer Jerman membantu Franco dan Nasionalisnya di Spanyol selama Perang Saudara Spanyol (1936–1939).

Dalam bukunya “American Way of War”, Russell F. Weigley berpendapat bahwa AS lebih memilih strategi pemusnahan dan penyerahan tanpa syarat seperti yang dicirikan oleh taktik Jenderal Grant melawan Selatan selama Perang Saudara. Strategi ini muncul kembali selama Perang Dunia II dengan pemusnahan militer Jerman dan penggunaan bom atom di Jepang. Mengembangkan taktik baru, konsep operasional, dan senjata melawan musuh adalah contoh perang asimetris. Singkatnya, perang asimetris menggambarkan asimetri antara dua pihak yang berperang.

Menyusul berakhirnya Perang Dunia II, AS tidak menerapkan strategi pemusnahan dalam Perang Korea, Perang Vietnam, dan yang terbaru, terhadap kelompok teroris Islam di Timur Tengah. Meskipun AS memiliki kekuatan militer yang lebih besar dan sumber daya terkait dalam kasus ini, keunggulan asimetris tidak menghasilkan kemenangan AS. Orang Korea Utara, Vietnam Utara, dan Viet Cong menerima pelatihan dan senjata dari Rusia dan Republik Rakyat Cina, yang memungkinkan mereka untuk melakukan perang simetris dan asimetris atrisi melawan AS sampai-sampai AS kehilangan keinginan untuk melanjutkan pertempuran. Pada akhir Perang Vietnam, Komunis Vietnam Utara menerbangkan jet militer Soviet paling canggih dan memiliki spektrum penuh senjata Rusia dan Cina.

Perang selama 20 tahun di Irak dan Afghanistan menunjukkan bahwa asimetri dalam senjata dan sumber daya tidak menjamin kemenangan. Fokus pada senjata tidak akan berhasil ketika berbicara tentang memenangkan perang, terutama dalam kasus Taiwan.

Penjualan senjata AS ke Taiwan :
Setelah Presiden Carter saat itu meninggalkan Taiwan ke RRC pada tahun 1979, Kongres memulai proses memperbaiki keretakan hubungan dengan memberlakukan Taiwan Relations Act (TRA). TRA berjanji untuk memastikan bahwa status Taiwan akan diselesaikan secara damai. TRA juga mendirikan Institut Amerika di Taiwan (De facto Kedutaan Besar AS) dan menyediakan senjata pertahanan Taiwan. Mantan Presiden Reagan memperkuat komitmen AS dengan memberi Taiwan Enam Jaminan, dua di antaranya terkait dengan senjata :

1. AS belum setuju untuk menetapkan tanggal untuk mengakhiri penjualan senjata ke Taiwan
2. AS belum setuju untuk berkonsultasi dengan RRT mengenai penjualan senjata ke Taiwan

Senjata ditolak atau ditunda :
Pada Oktober 2021, Chiu Kuo-cheng (邱國正), Menteri Pertahanan Taiwan, menyatakan bahwa “pada tahun 2025, biaya dan pengurangan China akan dibawa ke tingkat terendah dan akan memiliki kemampuan untuk meluncurkan invasi skala penuh ke Taiwan. ” Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan telah memerintahkan agar sistem senjata tiba selambat-lambatnya pada tahun 2025.

Namun, selama sidang Komite Urusan Luar Negeri DPR baru-baru ini, Perwakilan Andy Barr (R-KY) menyatakan bahwa “pengiriman senjata ke Taiwan tertinggal: 66 jet tempur F-16 tidak diharapkan sampai tahun 2026; 108 tank Abrams tidak sampai tahun 2027; dan 40 Howitzer self-propelled Paladin kini telah didorong kembali ke 2027. Selain itu, Taiwan melihat penundaan saat ini di Stingers, Sistem Pertahanan Rudal Pesisir Harpoon, dan peningkatan F-16 V – ini tidak dapat diterima”.

Dengan mempertimbangkan garis waktu 2025, pemerintahan Biden tidak menjual atau menunda tujuh sistem senjata berikut ke Taiwan, mempertaruhkan kemungkinan bahwa sumber daya ini tidak dapat tersedia pada waktunya untuk mempertahankan Taiwan dari PLA :

1. Pesawat E-2D (Northrop Grumman): Ditolak. Taiwan meminta enam E-2D untuk komando dan kontrol wilayah udara untuk mempertahankan wilayah udara Taiwan terhadap serangan pesawat PLA harian ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ), serangan udara terhadap Taiwan, atau blokade udara, boikot, atau embargo.

2. Helikopter anti-kapal selam MH-60R Seahawk (diproduksi Lockheed Martin): Ditolak. Militer Taiwan meminta dua belas helikopter MH-60R baru untuk melindungi pengiriman ke dan dari Taiwan terhadap ancaman kapal selam PLA yang melakukan strategi penolakan laut seperti blokade angkatan laut, boikot, atau embargo. Taiwan membeli helikopter anti-kapal selam 500MD dan S-70C (Sikorsky) saat ini pada tahun 1970-an dan 1980-an, dan helikopter-helikopter tersebut sekarang berusia lebih dari 40 tahun.

3. Pesawat Tempur F-16 (Produksi Lockheed Martin): Ditunda hingga 2026. Pemerintahan Obama menolak permintaan Taiwan untuk membeli 66 pesawat tempur F-16 Block 70 baru tetapi menyetujui upgrade 140 model F-16 A/B ke V model (disebut program Phoenix Rising) untuk Taiwan. Pemerintahan Trump menyetujui penjualan 66 pesawat tempur F-16 Block 70 (menggantikan F-5E/Fs).

4. Rudal anti-pesawat Stinger (Raytheon): Tertunda. Pengiriman pesanan 250 Stinger tertunda tetapi bukan karena Ukraina.

5. Tank M1A2 Abrams (Dinamika Umum): Tertunda. General Dynamics dalam kontrak untuk mengirimkan 108 tank, sekarang ditunda hingga 2027; pemerintahan Biden mempertanyakan kegunaan pembelian tersebut.

6. M109A6 Paladin self-propelled howitzer (BAE Systems): Tertunda. Pejabat Taiwan mengklaim sistem Paladin telah tertunda dan pengiriman digeser ke 2026.

7. Rudal anti kapal AGM-84 Harpoon (Boeing): Tertunda. Pemerintahan Biden menganggap rudal anti-kapal Harpoon II berbasis darat sebagai “senjata asimetris”. AS baru-baru ini menyetujui kontrak Taiwan dengan Boeing untuk rudal Harpoon II berbasis darat, yang merupakan bagian dari Harpoon Coastal Defense System (HCDS), tetapi dengan jangkauan maksimum 120,7 kilometer (75 mil). Rudal itu tidak mengancam pelabuhan RRC karena jarak dari Taiwan ke garis pantai RRC lebih dari 160 km (100 mil). Boeing merancang rudal Harpoon II untuk juga menyerang “situs pertahanan pesisir, situs rudal permukaan-ke-udara, pesawat terbuka, fasilitas pelabuhan/industri, dan kapal di pelabuhan”. Tak satu pun dari target tambahan ini relevan ketika target berada di luar jangkauan rudal darat. Rudal Harpoon adalah alat yang efektif melawan invasi dan penolakan laut (blokade, boikot, dan embargo.

Partai Komunis Cina memberi sanksi kepada kontraktor pertahanan AS :
Pada Februari 2022, Partai Komunis Cina memberi sanksi kepada perusahaan pertahanan AS Lockheed Martin Corporation, Boeing Defense, dan Raytheon Technologies Corporation untuk penjualan senjata ke Taiwan. Pemerintahan Biden mencegah Taiwan membeli E-2D (Northrop Grumman), MH-60R (Lockheed Martin), dan sistem senjata lainnya dari perusahaan AS yang serupa. Dengan menyangkal perusahaan-perusahaan Amerika ini menjual sistem senjata mereka ke Taiwan, pemerintahan Biden membantu PKC menegakkan boikotnya sendiri. Jumlah senjata yang diminta Taiwan mencapai lebih dari tiga miliar dolar dalam penjualan.

Pikiran satu jalur :
Kebijakan “senjata asimetris” pemerintahan Biden hanya berfokus pada satu skenario, yaitu… invasi. Taiwan tahu bahwa PKC dan PLA merencanakan setidaknya lima garis serangan yang akan membutuhkan respons yang terdiri dari lebih banyak variasi senjata daripada hanya skenario invasi.

Sebagai contoh, dalam sebuah artikel baru-baru ini di Real Clear Defense, empat akademisi Taiwan dan Amerika berpendapat bahwa Taiwan harus memiliki berbagai kemampuan pertahanan agar sesuai dengan empat skenario yang telah dipertimbangkan RRT untuk merebut pulau itu: “Latihan perang Lintas Selat telah menunjukkan bahwa China telah mempertimbangkan berbagai cara untuk memaksa Taiwan, seperti blokade laut, serangan amfibi, serangan mendadak, serangan pemenggalan kepala, atau kombinasi di atas”.

Pada awal 2022, seorang analis Center for a New American Security memeriksa lima skenario :
Pada 2019, Ian Easton, seorang analis Proyek 2049, menerbitkan “Lima Rencana Perang Teratas China”, yang mencantumkan lima rencana perang melawan Taiwan berdasarkan sumber-sumber utama PLA.

Pada 17 Mei 2022, Dewan Bisnis AS-Taiwan (USTBC) dan Kamar Dagang Amerika di Taiwan (ACCT) memposting siaran pers yang menyatakan keprihatinan berikut :

“Kami memahami bahwa pemerintahan Biden ingin mengakhiri sebagian besar penjualan senjata ke Taiwan yang tidak termasuk dalam kategori ‘asimetris’ – sebuah konsep yang tetap hanya didefinisikan secara luas dan subjektif. Kami lebih memahami bahwa ada daftar kemampuan prioritas yang akan dikejar pemerintah untuk Taiwan, tetapi daftar itu saat ini tidak tersedia untuk industri terkait. Kami juga memahami bahwa pemerintahan Biden akan berusaha untuk secara langsung mencegah Taiwan mengirimkan Letters of Request (LoRs) yang tidak sesuai dengan pendekatan baru ini, seperti penolakan efektif terhadap permintaan MH-60R dan E-2D pada Maret 2022.

Pemerintahan Biden mengirimkan pesan paternalistik ke Taiwan bahwa Taiwan tidak dapat menentukan pelajaran mereka sendiri untuk dipelajari dari perang Rusia-Ukraina. Letnan Jenderal Scott D. Berrier, Direktur Badan Intelijen Pertahanan, mencontohkan sikap ini ketika dia bersaksi di Komite Angkatan Bersenjata Senat tentang pelajaran yang didapat dari perang Rusia-Ukraina untuk Taiwan: “Jadi saya pikir kita harus melibatkan… Militer dan kepemimpinan Taiwan, untuk membantu mereka memahami tentang apa konflik ini, pelajaran apa yang dapat mereka pelajari, dan di mana mereka harus memfokuskan dolar mereka pada pertahanan dan pelatihan mereka”. Kebijakan ini disebutkan dalam surat yang sama yang dikirim dari USTBC/ACCT:

“Proses penjualan senjata Taiwan yang baru dan kebijakan terkait tampak meremehkan badan demokrasi Taiwan. Ini menciptakan kesan bahwa Taiwan berada di bawah arahan AS, dan menyarankan paternalisme kebijakan daripada diskusi bersama untuk menentukan sistem dan kemampuan mana yang benar-benar dibutuhkan Taiwan. Ini juga berisiko melemahkan dukungan publik di Taiwan untuk pembelanjaan pertahanan berkelanjutan, yang akan kontraproduktif dengan tujuan AS”.

PKC telah mengeluh tentang penjualan senjata sejak Kongres meloloskan TRA. Presiden Carter saat itu meyakinkan PKC bahwa dia akan menggunakan posisi eksekutifnya untuk mencegah penjualan senjata tertentu dan mengurangi penjualan senjata ke Taiwan. Presiden Reagan bertentangan dengan janji Carter dan meyakinkan Taiwan bahwa Partai Komunis Cina tidak akan memiliki hak veto atas penjualan senjata ke Taiwan dan bahwa AS tidak menjanjikan PKC bahwa penjualan senjata akan berakhir.

Kesimpulan :
Militer profesional mengembangkan berbagai rencana untuk memberikan pilihan kepada para pemimpin politik untuk mencapai tujuan politik mereka. Dalam kasus Taiwan, dokumen PLA mengungkapkan setidaknya lima skenario terpisah yang harus disiapkan Taiwan untuk dilawan. PLA dapat menggunakan lima skenario serangan ini secara independen atau dalam kombinasi apa pun. Metode serangan tambahan adalah kampanye perang politik Partai Komunis Cina yang mencoba meyakinkan Taiwan untuk secara sukarela menyerahkan kedaulatannya.

AS adalah satu-satunya negara yang bersedia menjual sistem senjata besar ke Taiwan. Partai Komunis Cina telah mengancam sanksi ekonomi dan lainnya terhadap negara-negara lain yang bersahabat dengan Taiwan karena melakukan hal yang sama.

Taiwan harus terus menekan AS dan negara-negara potensial (berani) lainnya untuk membantu Taiwan dengan kebutuhan pertahanannya. Taiwan harus terus meningkatkan produksi senjata dalam negerinya dan melatih pasukan pertahanannya berdasarkan kebutuhannya dan untuk semua kemungkinan, bukan hanya satu kemungkinan dan tidak seperti yang diarahkan secara arogan oleh pemerintahan saat ini.

Berdasarkan penolakan dan penundaan sistem senjata dan kebijakan “senjata asimetris”, seorang yang sinis akan menduga bahwa kebijakan pemerintahan Biden saat ini hanyalah perpanjangan dari keinginan pemerintahan Carter dan pemerintahan Obama untuk tunduk pada tekanan Partai Komunis Cinauntuk mengurangi kualitas dan jumlah senjata yang disediakan AS untuk pertahanan Taiwan.

Jika AS mengubah kebijakan ambiguitas strategisnya menjadi kejelasan strategis dan menyatakan bahwa ia akan mendukung Taiwan jika PLA menyerang, maka kejelasan ini akan membantu rakyat Taiwan, politisi, dan militer percaya bahwa AS akan benar-benar membantu mereka dan membeli “senjata asimetris” akan masuk akal. Menyerahkan personel militer AS ke Taiwan untuk berlatih dan berolahraga bersama tentu akan meningkatkan kepercayaan ini. (Guermantes Lailari, Editor by [email protected]).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button