KODIM 0612/TSM KOREM 062/TN

Dandim 0612/TSM Dan Forkopimda Kokab Tasikmalaya Menghadiri Halal Bihalal Akbar, Bersama Unsur TNI-POLRI Serta ASN

KODIM 0612/TSM-KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Bertempat di Stadion Wiradadaha kota Tasikmalaya Jalan Nagarawangi Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya, pada hari Rabu 3 Mei 2023 pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB dilaksanakan Halal Bihalal Secara Akbar antara TNI-POLRI, ASN Pemerintah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, yang diikuti -+ 1.000 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Bupati Kabupaten Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP., Pj Walikota Tasikmalaya Dr. Cheka Virgowansyah, S.STP., M.E., Ketua Pengadilan Negeri Tasikmalaya DR. Gutiarso SH., MH., Kepala kejaksaan Negeri Kota Tasikmalaya Fajaruddin Yusuf, S.E., SH., MH., Ketua DPRD Kota Tasikmalaya H. Aslim S.H., Ketua DPRD Kabupaten Asep Sopari Alayubi S.P., Danbrigif Raider 13/Galuh diwakili Kasbrig Letkol Inf Raihan., Danwingdik 600/Kal Wingdikkal Kolonel Kal Bambang Witono., Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P., Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb Adi Putra Buana, S.H., M.I.Pol.,
Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP SY. Zainal Abidin, S.IK., Kapolres Kabupaten AKBP Suhardi Heri Haryanto, S.IK., M.M., Komandan Batalyon D Pelopor Sat Brimob Polda Jabar Kompol Iyus Ali Yusuf, S.H., Kadishub Kota Tasikmalaya Jamaludin, S.I.P., Komandan Garnisun Subgar 0612/Tasikmalaya diwakili Pasi Ops Kapten Pom Gingin Ginanjar., DanSubdenpom III/2-2 Letda Cpm Cecep., Tokoh Tasikmalaya Drs. H. Tatang Farhanul Hakim, M.Pd., Jajaran Forkopinda Kota dan Kabupaten Tasikmalaya., Perwakilan anggota TNI-POLRI Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.,
Dan Tamu undangan lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi
Pengecekan Personel, Coffee break, Pembukaan, Pembacaan Ayat Suci Al-Quran dan Sholawat, Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Walikota Tasikmalaya Dr. Cheka Virgowansyah, S.STP., menyampaikan, “Pada kesempatan yang berbahagia ini ijinkan saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Tasikmalaya mengucapkan Taqobalallahu minna wa minkum, minal aidin walfaizin mohon maaf lahir batin. Semoga seluruh amal baik kita selama bulan suci Ramadhan diterima oleh Allah SWT dan segala dosa dan khilaf kita mendapatkan ampunan, Amin ya robal alamin, Terima kasih dan apresiasi saya ucapkan kepada seluruh panitia penyelenggara acara baik dari unsur pemerintah kabupaten maupun kota tasikmalaya serta seluruh pihak yang terlibat dalam terselenggaranya acara ini”, ucapnya.

“Kegiatan ini merupakan momen yang istimewa, karena untuk pertama kalinya sejak dibentuknya Kota Tasikmalaya 21 tahun silam, kita bisa menyelenggarakan Halal Bihalal dan Silaturahmi antara Pemerintah Kota Tasikmalaya dan Pemerintah kabupaten Tasikmalaya, Berdasarkan sejarah yang saya baca, Tasikmalaya memiliki sejarah yang sangat panjang, nama Tasikmalaya tak lepas dari runtutan sejarah, yang dimulai sejak zaman kerajaan sampai sekarang menjadi wilayah Kabupaten dan Kota Tasikmalaya Kota dan kabupaten Tasikmalaya serta sebagian wilayah Garut sebelumnya, berasal dari embrio yang sama yakni wilayah Pemerintahan Kabupaten Soekapoera atau disebut Sukapura (karakteristik daerah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya memiliki kesamaan karena berasal dari satu rumpun yang sama)”, ungkap Pj Walikota.

Lebih lanjut, Pj Walikota mengatakan, “Pada masa kerajaan Sunda-Galuh (Pajajaran) Sukapura merupakan suatu negara bagian Pajajaran. Dengan Bupati pertama Sukapura Raden Ngabehi Wirawangsa yang di beri gelar Raden Tumenggung Wiradegdaha (Wiradadaha) yang diberikan oleh Sultan Agung Mataram yang hari ini menjadi lokasi dimana kita bertemu. Lahirnya Kota Tasikmalaya itu sendiri tidak terlepas dari perkembangan Kabupaten Tasikmalaya sebagai kabupaten Induknya, Pemekaran Kota Tasikmalaya merupakan turunan dari Otonomi Daerah yang bertujuan Meningkatkan Daya saing Daerah, Meningkatkan pelayanan dan Meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, bebernya.

“Berkat perjuangan unsur Pimpinan pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yang dipimpin Bupati saat itu yakni H. Suljana Wirata Hadisubrata beserta Tokoh Masyarakat kabupaten Tasikmalaya, dirintislah pembentukan Kota Tasikmalaya, Melalui proses yang sangat panjang, akhirnya di bawah pimpinan Bupati Drs. H.Tatang Farhanul Hakim (yang turut hadir pada kesempatan ini), pada tanggal 17 Oktober 2001 ditetapkannya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2001 Tentang Pembentukan Kota Tasikmalaya, Pada tanggal 18 Oktober 2001 dilantik Drs. H. Wahyu Suradiharja sebagai Pj Wali Kota Tasikmalaya Oleh Gubernur Jawa Barat Mayjen TNI (Purn) R. Nana Nuriana. (Pada saat itu Kota Tasikmalaya terdiri dari 8 Kecamatan dengan 15 Kelurahan dan 54 Desa. dan saat ini, Kota Tasikmalaya berkembang menjadi 10 Kecamatan dengan 69 Kelurahan)”, tuturnya.

“Melalui acara Halal Bihalal ini, semoga dapat mempererat kerjasama dan ajang bertukar pikiran antara Pemerintah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya untuk sama-sama membangun Tasikmalaya yang nantinya akan melahirkan kebijakan-kebijakan dalam pembangunan,
Serta menjadi momentum bagi saya pribadi untuk lebih mengetahui dan mempelajari karakteristik daerah Tasikmalaya dari para tokoh, sesepuh dan pimpinan daerah Tasikmalaya terdahulu secara langsung Saya berharap semangat kegembiraan ini semakin menjadi pemicu dan pemacu kita semua untuk kembali bangkit dan berjuang bersama mewujudkan pemulihan dan percepatan pembangunan demi terwujudnya Tasikmalaya yang Maju, Aman, Nyaman”, pungkas Pj Walikota Tasikmalaya.

Ditempat yang sama, Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP., menyampaikan, “Seperti ini hal nya bahwa Halal Bihalal merupakan salah satu bentuk percaya yang lahir dari tradisi luhur budaya bangsa indonesia yang bernilai positif. Halal bihalal memiliki kaitan yang erat dan idul Fitri bermakna kembali suci. Halal bihalal kali ini terasa sangat istimewa karna di laksanakan bersama Pemkab dan Pemkot kota tasikmalaya . Momen ini merupakan perwujudan kolaborasi dan sinergi yang nyata antara pemerintah Kab dan Kota Tasikmalaya beserta seluruh komponen, Mari kita terus tingkatkan sinergi pemerintah kabupaten Tasikmalaya dan pemerintah kota Tasikmalaya secara berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tasikmalaya”, ujarnya.

Adapun Tausiyah dan Do’a di pandu oleh Prof. Dr. Mucksin Assadeli Pimpinan Ponpes Al Ik Cibeureum dilanjutkan acara foto bersama. (Pendim 0612/Tsm, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button