KODAM III/SLW-MABES TNI

Membedah Tingginya Korban Non Tempur Babinsa, Kapoksahli Pangdam III/Siliwangi Pimpin FGD

 

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Kodam III/Slw menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang kajian kesehatan bagi para Babinsa jajaran Kodam III/Slw yang diselenggarakan di Aula Kornel Rumkit Dustira Jalan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Demikian disampaikan Kapendam III/Siliwangi melalui rilis yang dikirimkan ke Sahabat Siliwangi, Selasa 18 Juli 2023.

Kegiatan FGD yang mengkaji tentang kesehatan para Babinsa jajaran Kodam III/Slw tersebut dihadiri oleh Kapoksahli Kodam III/Slw, Kakesdam III/Slw, para staf ahli Kodam III/Slw, para staf ahli dari Unjani, Ketua Stikes Dustira, para dokter spesialis terkait serta para personel jajaran Satuan Teritorial dan Kesdam.

 

“FGD tersebut merupakan diskusi yang dilakukan secara sistematis dan terarah dalam suatu grup untuk membahas suatu masalah tertentu dalam suasana informal, yang bertujuan untuk mengkaji kesehatan para Babinsa dengan konsep diskusi, sehingga nantinya output yang dihasilkan setelah diskusi tersebut sesuai dengan data dan kendala saat para Babinsa berada di lapangan”, ujar Kapendam.

Kegiatan yang diwarnai dengan tanya jawab antar personel dengan narasumber menghasilkan beberapa rekomendasi diantaranya pentingnya Babinsa dalam menjaga pola hidup yang sehat, adanya gangguan psikologi terhadap Babinsa seperti meningkatnya Stressor (beban kerja dan beban hidup), serta munculnya permasalahan keluarga.

 

Selanjutnya kedepan, akan diadakannya serbuan EKG dan Laboratorium guna menjaring kelainan penyakit kronis yang dimiliki oleh anggota TNI. Termasuk akan diadakannya Home Visit dengan menggelar penyuluhan tentang kesehatan dan pencegahan penyakit. Universitas Jenderal Ahmad Yani akan mensupport kesehatan para prajurit TNI jajaran Kodam III/Slw melalui aplikasi kesehatan perorangan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan FGD dapat meningkatkan kesadaran para Babinsa jajaran Kodam III/Slw tentang pentingnya pola hidup sehat dengan menjaga pola makan teratur, penanganan diri dari stressor dan meningkatkan olah raga. (Pendam III/Siliwangi, editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button