KESEHATAN

Bupati Nias Barat Koordinasi Dengan Direktur Fasyankes

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan yang berkualitas melalui penyediaan sarana dan prasarana kesehatan yang memadai, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu melakukan audensi dan koordinasi dengan Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Kementerian Kesehatan RI, Rabu (15/3/2023).

Kepada Direktur Fasyankes Kementerian Kesehatan, Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu menjelaskan bahwa Kabupaten Nias Barat merupakan Daerah 3 T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) di Provinsi Sumatera Utara, memiliki berbagai keterbatasan dan permasalah pembangunan dan karakteristik wilayah tersendiri, karena terpisah dari daratan Sumatera dan sebagian wilayahnya terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil dan terluar.

“Sampai akhir tahun 2022, jumlah Puskesmas di Kabupaten Nias Barat tercatat sebanyak 13 puskesmas, dengan rincian puskesmas dengan status rawat inap sebanyak 4 unit dan puskesmas dengan status non rawat inap sebanyak 9 unit,” jelas Bupati Nias Barat.

Selain itu, lanjutnya, Kabupaten Nias Barat juga memiliki 2 unit Rumah Sakit Pratama, yaitu 1 unit telah beroperasional dan 1 unit lagi sedang tahap penyelesaian pembangunan.

Ketigabelas Puskesmas dan 2 unit Rumah Sakit yang ada di Nias Barat, sangat membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai agar dapat melaksanakan pelayanan kesehatan yang baik dan berkulitas kepada masyarakat.

Untuk itu, Bupati Nias Barat mengharapkan dukungan penyediaan sarana prasarana dan alat kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit dari Kementerian Kesehatan, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.

Selain penyediaan sarana prasarana dan alkses di Puskesmas dan Rumah Sakit, Bupati Nias Barat juga meminta dukungan untuk peningkatan status Puskesmas Rawat Jalan menjadi Rawat Inap dan penyediaan Ambulance Perairan terutama Puskesmas di Kepulauan Hinako.

Direktur Fasyankes Kementerian Kesehatan, dr. Aswan Usman, M.Kes, menyambut baik kedatangan Bupati Nias Barat bersama jajaran dan mengatakan pihaknya akan membantu memfasilitasi sepanjang persyaratan dan data dukung telah terpenuhi.

“Kami akan memberikan perhatian dan dukungan sepanjang usulanya telah memenuhi data dukung yang dipersyaratkan dan telah diinput di dalam sistem,” ujarnya.

Pada kunjungannya tersebut, Bupati Nias Barat didampingi Kadis Kesehatan Sabahati Gulo, S.Sos., M.M., Kepala Bappelitbangda Eta Fajar Wiriatmo Daely, SP, M.M., Sekdis Kesehatan Azwardin Laia, SKM, M.Kes., Sekdis Kominfo Sonifati Zebua, M.M dan Kabag Hukum Hedwig Samitro Gulo, SH., M.M serta beberapa pejabat dan staf lainnya, diterima oleh Direktur Fasyankes, dr. Aswan Usman, M.Kes. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button