KODAM III/SLW-MABES TNI

Gencar… Rehabilitasi Ekosistem Pesisir Pantai, Pangdam III/Siliwangi Turun Menanam Terumbu Karang Jenis Karang Tepi

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Rehabilitasi ekosistem terumbu karang di Kampung Nelayan, Kecamatan Cipanon, Kabupaten Pandeglang, Banten digenjot. Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P. menggandeng komunitas Anak Pantai Cipanon melakukan penanaman terumbu karang jenis karang tepi untuk menyediakan habitat laut, Jum’at 7 Juli 2023.

Upaya tersebut akan dilakukan untuk menjawab permasalahan masyarakat pesisir terutama dalam memelihara ekosistem, serta membantu kesulitan para nelayan yang berada di Kabupaten Pandeglang Banten. Perbaikan ekosistem tersebut secara bertahap dan berlanjut akan terus dilakukan.

Pada kesempatan tersebut Pangdam III/Slw beserta rombongan, menanam sebanyak 150 bibit terumbu karang tepi dengan menggunakan spider wave yang ditanam dari titik 20 m sampai dengan 30 m dari bibir pulau liwungan dengan kedalaman 4 m agar mendapatkan cahaya matahari untuk proses fotosintesis.

Pangdam menjelaskan bahwa dengan menggunakan metode spider wave penanaman bibit terumbu karang menjadi lebih efektif, efisien serta mudah dalam pembibitannya.

“Sebanyak 10 spider wave ini nantinya akan diikatkan bibit terumbu karang sebanyak 15 bibit, kemudian di tanam sedalam 16 cm secara permanen di dalam laut sehingga spider wave tersebut tidak terbawa arus air laut”, tutur Pangdam.

Selanjutnya Pangdam III/Slw mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuan, Kabupaten Pandeglang dan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat nelayan serta melaksanakan tatap muka dengan kelompok nelayan Desa Teluk Kecamatan Labuan.

Di lokasi Tempat Pelelangan Ikan, Pangdam menyampaikan bahwa kedatangannya ke Kabupaten Pandeglang untuk menegaskan hadirnya pemerintah melalui beberapa upaya Kodam III/Slw dalam rangka meningkatkan kehidupan masyarakat pesisir dengan pendekatan teknologi untuk tetap menjaga nilai wisata dan juga nilai sumber daya manusia.

Solusi inovatif dengan penggunaan teknologi lokal tersebut sudah dilakukan dari wilayah Pangandaran, Pameungpeuk sampai Pelabuhan Ratu untuk menjawab permasalahan nelayan seperti penyediaan mesin pembuat es dan membangun Cold Storage.

“Hari ini saya mampir di TPI Labuan Kabupaten Pandeglang untuk melihat langsung bagaimana meningkatkan kesejahteraan nelayan melalui program-program yang sudah dijalankan untuk lebih bisa di optimalkan”, jelas Pangdam.

Pangdam memberikan kesempatan kepada para nelayan untuk menyampaikan permasalahan dan kesulitan yang dihadapi saat ini yang langsung diberikan arahan dan solusi dalam penyelesaiannya.

Diakhir kunjungannya di Kabupaten Pandeglang Pangdam III/Siliwangi dan rombongan mengunjungi Tambak Udang PT. Sinar Pusaka Lestari Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang yang disambut langsung oleh Manager PT. Sinar Pusaka Lestari Also beserta staf.

Pada kesempatan itu Pangdam III/Slw dan rombongan berdiskusi serta melihat dari dekat produktifitas hasil tambak udang milik PT. Sinar Pusaka Lestari.

Turut hadir Kasdam III/Slw, Irdam III/Slw, Kapok Sahli Pangdam III/Slw, Danrem 064/MY, Asrendam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dan/Kabalakdam III/Slw, Pa LO AL dan AU, Dandim 0601/Pandeglang, Waaster dan Dandeninteldam III/Slw. (Pendam III/Siliwangi, editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button