POLRI

Ditinggal Pulang Saat Memasak Untuk Pakan Ternak, Kandang Ternak Habis Terbakar

Polres Semarang :
Suaraindependentnews.id
Nasib kurang beruntung dialami warga Kelurahan. Sruwen Kecamatan. Tengaran, berniat memasak daun talas untuk pakan ternak, kandang miliknya habis terbakar. Hal ini dibenarkan pihak Polres Semarang.

Jumat 18 Agustus 2023, Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra SIK. MM., melalui Kapolsek Tengaran AKP Supeno SH. MH., menyampaikan keterangannya.

Kapolsek menyampaikan kronologi kejadian kebakaran kandang tersebut adalah  kandang milik Sigit Prasetyo (50 Th), dan diketahui terbakar dari salah satu tetangganya yang sedang melintas.

“Kejadian pertama diketahui oleh tetangga korban bernama pak Marmin (50 Th), saat bersama 2 orang warga lain melintas di sekitar kandang milik korban sekitar pukul 06.00 Wib. Dan antara rumah korban dengan kandang ini terpisah, kurang lebih berjarak sekitar 500 meter.” Ungkap AKP Supeno.

Kapolsek kembali menambahkan bahwa setelah melihat kandang korban terbakar, Tetangga korban tersebut memberitahukan kepada korban serta perangkat desa setempat.

“Mendapat laporan adanya kebakaran kandang, Bhabinkamtibmas beserta piket SPKT, Samapta dan Reskrim Polsek Tengaran langsung menuju lokasi. Dengan dibantu warga, Upaya pemadaman dilakukan secara manual dan gotong royong. Namun karena korban meninggalkan kandang sejak Kamis 17 Agustus 2023 Sore, kandang sudah habis terbakar.” Tambahnya.

Dilokasi kejadian saat dimintai keterangan pihak Polsek Tengaran, Korban Sigit Prasetyo menyampaikan bahwa dirinya sehari sebelum kejadian sedang memasak daun talas untuk keperluan pakan Sapi miliknya.

“Saya memasak daun talas itu hari Kamis sore sekitar pukul 16.00 Wib dengan menggunakan tungku tradisional, saya tinggal pulang ke rumah karena biasanya nanti api akan mati sendiri dan besoknya bisa saya berikan ke Sapi yang ada dikandang itu.” Ungkapnya.

Disamping korban, AKP Supeno menyampaikan kembali bahwa selain 2 Ekor Sapi, dikandang korban juga terdapat binatang peliharaan lain milik korban.

“Jadi dikandang itu tidak hanya 2 ekor sapi, namun ada 4 ekor Kambing dan 15 ekor ayam. Dan semuanya mati terbakar didalam kandang.” Kata Kapolsek Kembali.

Dari hasil pemeriksaan awal di lokasi, serta keterangan sejumlah saksi warga sekitar yang melintas di lokasi kejadian, maupun keterangan korban. Dugaan kebakaran terjadi dari tungku yang tidak dimatikan, selanjutnya ditinggal korban pulang ke rumah.

“Kami menyampaikan himbauan kepada warga Kabupaten. Semarang pada umumnya, dan Kecamatan. Tengaran pada khususnya. Untuk tidak meninggalkan saat berkegiatan yang berhubungan dengan api, apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau, sehingga rawan akan terjadinya kebakaran.” Pungkas Kapolsek.

Pewarta : Andi K hms

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button