Tak Berkategori

UNJ Lakukan Penelitian Desa Wisata Di Desa Kamarang Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon

Kab.Cirebon, suaraindependentnews_id. – Setelah Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan pendampingan di Desa Cisaat, Subang, Jawa Barat mendapat penghargaan peringkat tiga dalam ajang pendampingan desa wisata terbaik se Indonesia yang diselengarakan oleh Kemenparekraf, melalui Prodi Perjalanan Wisata UNJ semakin termotivasi dan fokus dalam kegiatan pengembangan desa-desa wisata di lokasi lainnya.

Kali ini, UNJ melakukan pendampingan untuk mengembangkan desa wisata berlokasi di Desa Kamarang di Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat, Senin (13/12/2021)

Menurut Kordinator Program Studi Perjalanan Wisata, Rahmat Darmawan, S.Pd., M.M.Par., bahwa kegiatan ini merupakan bagian kegiatan dari Sivitas Akademika UNJ yaitu “Tri Dharma Perguruan Tinggi” dan merupakan kegiatan “Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M)” yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi D3 Perjalanan Wisata UNJ.

Dalam kegiatan ini, dosen dan mahasiwa UNJ memberikan pelatihan bagi warga dan unsur desa lainnya. Dosen-dosen UNJ nantinya secara bergantian memberikan pelatihan kepada peserta yang didampingi para mahasiswa, jelasnya

Adapun terkait materi pelatihan seperti apa dalam kegiatan penelitian ini, Lala Siti Sahara, M.Si. selaku Dosen Pembimbing Kemahasiswaan menerangkan, bahwa materi pelatihan yang akan diberikan, bertujuan untuk menyadarkan dan mengenal potensi desa sebagai desa wisata, diantaranya pelatihan pelayanan Homestay dan sadar wisata bagi penggerak wisata didesa, dalam hal ini Desa Kamarang Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon.

Kegiatan ini rutin kami lakukan setiap tahun, pada tahun 2021 ini, diikuti oleh 69 mahasiswa UNJ. Melalui kegiatan ini, kami berupaya agar UNJ mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kami ingin memberi pendampingan secara maksimal bagi desa untuk siap menjadi desa wisata, terang Lala Siti Sahara.

Sementara itu, Jenal Abidin, S.Pd., M.M.Par. yang merupakan Ka.Laboratorium Prodi Perjalanan Wisata diselah kesibukannya menyampaikan,
sesungguhnya potensi yang ada di desa, baik dari sisi masyarakatnya maupun kultur dan budaya, bahkan obyek wisatanya ini, merupakan lumbung yang besar untuk bisa kita gali sebagai potensi pengembangan desa wisata kedepannya.

Jenal Abidin menambahkan, upaya ini dilakukan agar kampus dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungannya, khususnya di bidang pariwisata.

Ditempat yang sama, Kuwu dan Pemdes serta masyarakat Kamarang sangat berterima kasih kepada UNJ yang memilih lokasi penelitian untuk desa wisata di desa kami, semoga dapat membangkitkan potensi wisata yang ada di desa kami, ungkap kang Kuwu Endang Kusnandar.
(Kabiro/Asr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button