POLRI

Cek Kesehatan Personel, Polres Semarang Gelar Pemeriksaan Berkala

SEMARANG-JATENG || suaraindependentnews.id – Dalam rangka menunjang kegiatan tugas sehari hari, Selasa 5 Maret 2024 Polres Semarang melaksanakan kegiatan Pemeriksaan kesehatan (Rikes) terhadap personel maupun PNS Polres Semarang.

Kegiatan yang dilaksanakan secara berkala setiap semester ini, dilaksanakan di Aula Condrowulan Polres Semarang dari pukul 07.00 WIB hingga selesai. Dengan menggandeng pihak DVI Bid Dokkes Polda Jateng dan IBL medical Check Up Center Semarang, 458 Personel melaksanakan Cek Kesehatan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap Semester atau 6 bulan sekali, dimana kali ini sekitar 458 Personel melaksanakan kegiatan ini. Terdiri dari 445 Personel Polri dan 13 Anggota PNS Polri di lingkungan jajaran Polres Semarang,” ungkap Kapolree Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra SIK. MM. Dalam keterangannya.

Di lokasi kegiatan, Kasi Dokkes Polres Semarang Iptu Dwi Yuliyanto S.Kep. MH. Menambahkan bahwa para personel melakukan serangkaian pemeriksaan mulai dari cek tensi, Berat badan dan Tinggi badan hingga cek darah.

“Personel yang melaksanakan Rikkes akan menjalani beberapa tahapan pemeriksaan, diantaranya pengecekan Tensi, berat badan, tinggi badan, EKG (Elektrokardiografi), tes Urine, mata, gigi dan cek Darah. Sebelum pelaksanaan, personel disarankan untuk melaksanakan puasa makan dari pukul 22.00 WIB tadi malam hingga waktu pelaksanaan. Pengambilan darah dan urine ini bertujuan mengetahui antara lain kadar gula darah dan kolesterol dalam darah, serta adanya gejala infeksi saluran kencing, diabetes, ginjal hingga penyalahgunaan Narkoba,” jelasnya.

Senada dengan Kasi Dokkes Iptu Dwi, perwakilan dari IBL medical Check Up Center Semarang Agus Riyanto S.Km. juga menambahkan bahwa pihak IBL akan seepatnya mengirimkan hasilnya ke pihak Dokkes Polres Semarang.

“Kerjasama antara IBL dan Polres Semarang sudah terjalin beberapa kesempatan Check Up, jadi kegiatan ini tidak baru ini kami gelar bersama sama. Dan untuk hasil dari Rikkes ini akan kami sampaikan hasilnya, maksimal 1 Minggu dari pelaksanaan kegiatan hari ini,” tambahnya.

Dalam kesempatan kegiatan tersebut, dari pihak DVI Bid Dokkes Polda Jateng juga ikut andil melaksanakan input pencatatan rekam gigi seluruh personel yang melaksanakan Rikkes. Hal ini disampaikan perwakilan tim DVI Bid Dokkes Polda Jateng Aipda Andri Pramono S. Kep. MH.

“Kehaditan DVI disini untuk melakukan input rekam gigi Ante Mortem DVI, tujuannya sebagai alat identifikasi kami apabila terjadi kejadian atau hal hal yang tidak kita inginkan.,” terangnya.

Di akhir kegiatan Iptu Dwi menghimbau kepada personel dan PNS Polres Semarang, untuk tetap menjaga kesehatan.

“Kami himbau kepada personel dan PNS Polres Semarang untuk tetap menjaga kesehatan, yaitu dengan tetap rajin ber olahraga, menjaga pola makan, istirahat yang cukup serta rutin melaksanakan cek kesehatan di klinik terdekat,” pungkasnya.
Jk_Zed.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button