PENDIDIKAN

MTsS Al Hidayah Pasuruan-Pabedilan Laksanakan PKG Tahun 2021

Pasuruan_Cirebon, suaraindependentnews_id.
Guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tataran Institusional dan Eksperensial. Dengan demikian upaya meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dari aspek guru. Guru yang profesional diharapkan dapat melaksanakan tugasnya secara lebih baik. Tugas utama guru adalah mengajar.

Untuk dapat melaksanakan tugas tersebut dengan baik, seorang guru sesungguhnya telah dibekali dengan sejumlah kompetensi, yakni Kompetensi Sosial, Personal dan kompetensi Profesional. Oleh karena itu, masalah Kompetensi Guru, perlu mendapat perhatian yang sungguh-sungguh dari para supervisor sebagai pembina guru. Hal inilah yang mendasari pelaksanaan kegiatan Penilaian Kinerja Guru (PKG) di MTsS Al Hidayah Pasuruan Kec.Pabedilan Kab.Cirebon, Rabu 06/10/2021.

Tim Supervisi PKG dari Kemenag Kab.Cirebon, Haerudin, S.Pd.I., M.M. menyampaikan bahwa PKG dilaksanakan untuk menyusun Profil Kinerja Guru. Melalui Profil Kinerja Guru dan Evaluasi Diri yang dilaksanakan oleh guru secara mandiri, digunakan oleh madrasah untuk menyusun Rencana Pengembangan Keprofesian secara Berkelanjutan (PKB).

PKG dan supervisi di MTs S Al Hidayah Pasuruan-Pabedilan dilakukan oleh Kepala Madrasah dan seluruh Dewan Guru, baik yang belum maupun yang sudah sertifikasi, jelas Haerudin.

Sementara itu, Tim Supervisi lainnya, Jihan, S.Ag., M.Pd.I. mengatakan, kegiatan PKG ini dapat menghasilkan evaluasi diri dan memotret profil kinerja guru yang dapat digunakan sebagai rencana peningkatan kinerja termasuk sebagai dasar menyusun rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB),” ungkapnya.

Dari kegiatan supervisi akademik pun Alhamdulillah, meskipun di masa Pandemi, Bapak Ibu guru sudah mempunyai perangkat pembelajaran yang lengkap, termasuk sudah melaksanakan penilaian harian yang dilaksanakan secara daring dan melakukan analisis butir soal. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan profesionalitas kinerja dan membawa kemajuan, ujarnya.

Saya bangga dan apresiasi kepada Ketua Yayasan Al Hidayah, Muh. Aziz, A.Md. Kep. walau beliau berlatar belakang TNI dibidang Kesehatan, namun beliau mampu mengomandoi dan mengelolah pendidikan, seperti MTsS Al Hidayah ini, puji Jihan.

Muh. Aziz, A.Md. Kep. selaku Ketua Yayasan Al Hidayah hadir dalam acara PKG tersebut dan menyampaikan bahwa fihak Yayasan selalu melaksanakan control terkait persiapan dan kinerja guru, baik secara personality maupun secara administrasi sebagai syarat guru dalam mengajar.

Masih menurut Muh. Aziz, A.Md. Kep. yang mendapat apresisasi dari Tim Supervisi PKG Kemenag Kab.Cirebon sebab berlatar belakang TNI AD, sesungguhnya sangat mendukung pelaksanaan PKG dan Supervisi dari Kemenag Kab.Cirebon. PKG ini berharap bisa direalisasikan oleh guru dalam melaksanakan Tupoksinya, pungkas Aziz dengan ciri khas senyum-nya. (Kabiro/Asr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button