PEMERINTAH KABUPATEN NIAS BARAT

Pemkab Nias Barat Luncurkan Program PMT

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Pemerintah Kabupaten Nias Barat, meluncurkan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi bayi dan balita stunting guna mencukupi kebutuhan gizi anak agar mencapai berat badan dan tinggi badan sesuai usianya. Peluncuran program PMT dimaksud, dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nias Barat selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Nias Barat di Desa Onolimbu Raya Kecamatan Mandrehe Barat, Selasa (5/9/2023).

Sekda Nias Barat, Sozisokhi Hia, SH., M.M mengatakan bahwa peluncuran program PMT bagi anak dan balita merupakan wujud komitmen pemerintah Kabupaten Nias Barat dalam upaya menurunkan angka stunting secara terukur dan tepat sasaran.

Sekda berharap agar program PMT bagi anak dan balita stunting dilakukan secara terintegrasi oleh pemerintah Kabupaten, pemerintah Kecamatan dan Desa dengan melibatkan ahli gizi dari Dinas Kesehatan atau Puskesmas agar makanan yang dikonsumsi berkhasiat bagi bayi dan balita.

“Agar PMT ini dilaksanakan secara terintegrasi dan tepat sasaran, pemilihan menu makanannya bervariasi dan menggunakan bahan pangan lokal serta melibatkan ahli gizi dari Dinas Kesehatan atau Puskesmas,” ujar Sekda

Ia juga mengharapkan kiranya peluncuran program PMT yang baru saja dilakukan, dapat diikuti oleh desa-desa lainnya dan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), Kabupaten Nias Barat bertanggungjawab untuk memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaannya sehingga pada tahun 2024 angka stunting di Kabupaten Nias Barat dapat ditekan pada angka 14 persen.

Kegiatan peluncuran program PMT dimaksud dihadiri TPPS Kabupaten Nias Barat, Pengurus PKK tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa, Ketua DWP Kabupaten Nias Barat, Kepala Desa Onolimbu Raya, Tim Pemulihan Gizi (TPG) Puskesmas Mandrehe Barat, Koordinator PLKB/PKB Kecamatan Mandrehe Barat, Kader Posyandu, Kader DASHAT dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Desa Onolimbu Raya serta tamu dan undangan lainnya. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button