KODAM III/SLW-MABES TNI

Kolaborasi Kodim 0613/Ciamis Dengan Polres Dan Pemda, Optimalkan Ketahanan Pangan

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., bersama Kapolda Jabar Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M., melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Ciamis, Sabtu (22/07/2023).

Demikian disampaikan oleh Kolonel Inf Adhe Hansen melalui rilis yang dikirimkan kepada awak media, Minggu 23 Juli 2023.

Pangdam III/Slw dan Kapolda Jabar beserta rombongan disambut oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat dan Walikota Banjar Ade Uu Sukaesih serta Forkopimda Kab. Ciamis di halaman Pendopo Kab. Ciamis Jl. Jend. Sudirman No.16, Ciamis, Kec. Ciamis, Kabupaten Ciamis.

Kunjungan ke wilayah kabupaten Ciamis untuk memperkuat berbagai program ketahanan pangan di wilayah menuju pencapaian ketahanan pangan nasional melalui pemberdayaan wilayah yang tangguh dengan melibatkan semua instansi.

Pada kesempatan itu Pangdam dan Kapolda menyaksikan penandatanganan 7 Perjanjian Kerja Sama (PKS). Pertama, PKS antara Kodim 0613/Ciamis dengan Pemda dan Polres Ciamis tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Kedua, PKS antara Koperasi Kartika Galuh Ciamis dengan Primer Koperasi Kepolisian Resor Banjar tentang Pemasaran Pupuk Cair Formula Bios 44 DC dan Kompor Biomasss Burner. Ketiga, PKS antara Kodim 0613/Ciamis dengan Pengadilan Agama tentang Istbat Nikah.

Keempat, PKS antara Koperasi Kartika Galuh Ciamis dengan Koperasi Dewi Sri tentang Pemasaran Pupuk Cair Formula Bios 44 DC. Kelima, PKS antara Kodim 0613/Ciamis dengan PTPN VIII tentang Pengelolaan Lahan. Keenam, PKS antara Koperasi Kartika Galuh Ciamis dengan Koperasi Produsen Peternak Ayam Petelur Ciamis tentang Penjulan Jagung. Ketujuh, PKS antara Kodim 0613/Ciamis dengan Polres Ciamis tentang pemasaran pupuk cair Bios 44 DC dan Kompor Biomassa.

Pangdam III/Slw menyampaikan tentang kedatangannya bersama TNI-Polri di wilayah Kodim 0613/Ciamis dalam rangka optimalisasi terhadap program ketahanan pangan. Dimana program ketahanan pangan dilakukan dengan memperluas pengolahan lahan-lahan yang sudah tidak di kelola serta rusak untuk diolah kembali sebagai penyangga potensi ekonomi masyarakat pasca pandemi.

“Kami dengan Kapolda mencoba membuat suatu konsep terobosan baru dengan mengedepankan fungsi kami di dalam internal pemerintah. Pertama administrasi di bidang koperasi untuk dapatnya bisa melakukan pendampingan kepada masyarakat dipadukan dengan program pemerintah daerah. Kolaborasi yang kita lakukan bersama TNI-Polri mencoba membuat alternatif yaitu Bios 44 DC, mesin sampah dan kompor biomas. Mudah mudahan ini semua bisa memberikan nilai efisien terhadap hasil yang diperoleh petani”, kata Pangdam.

Sementara itu, Kapolda Jabar menyampaikan bahwa PKS yang dilakukan merupakan bentuk riil sinergitas TNI-Polri plus Pemerintah Daerah. TNI-Polri tetap konsisten membantu sepenuhnya program pemerintah daerah baik provinsi maupun di daerah, termasuk didalamnya adalah ketahanan pangan.

Pada kesempatan itu Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Pangdam III/Siliwangi dan Kapolda Jabar di Kabupaten Ciamis.

“Suatu kebahagian dan kebanggaan karena Ciamis menjadi titik fokus Kunker Pangdam III/Slw dan Kapolda Jabar. Motivasi tersendiri untuk kita sama-sama membangun Ciamis agar lebih baik kedepan”, ucap Bupati Ciamis.

Turut hadir Kasdam III/Slw, Kasgartap II/Bdg, Kapoksahli Pangdam III/Slw, Danrem 062/TN, Asrendam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dan/Kabalakdam III/Slw, Pa LO AU dan AL serta Dandeninteldam III/Slw. (Pendam III/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button